Salat Iduladha Bareng Presiden Jokowi, Ribuan Orang Berebut Salaman dan Foto

Kamis, 29 Juni 2023 - 07:47 WIB
loading...
Salat Iduladha Bareng Presiden Jokowi, Ribuan Orang Berebut Salaman dan Foto
Ribuan umat muslim mengikuti salat Iduladha di Gedung Agung Yogyakarta. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Suasana meriah sangat terasa di halaman Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kamis (29/6/2023). Usai pelaksanaan salat Iduladha, ribuan umat berbondong-bondong mendekati Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Warga yang mengikuti salat Iduladha di kawasan nol kilometer Yogyakarta tersebut, langsung berusaha untuk mendekati Presiden Jokowi untuk bersalaman dan berfoto. Kerumunan massa yang ingin berfoto dengan Presiden Jokowi di depan istana tersebut, berlangsung selama 20 menit.



Trisna salah seorang jemaah asal Patuk, Kabupaten Gunungkidul, rela berangkat ke Gedung Agung tepat setelah salat subuh selesai. Meski cuaca dingin sepanjang perjalanan sejauh 25 km, tak menghalangi dirinya bersama suami pergi ke Gedung Agung. "Ingin sekali-sekali salat Iduladha di Gedung Agung bareng pak presiden," tuturnya.



Sejak pagi sekitar pukul 05.30 WIB, ribuan umat muslim mulai memadati halaman komplek Gedung Agung Istana Kepresidenan. Mereka yang datang dari berbagai wilayah tersebut, ingin melaksanakan salat Iduladha bersama Presiden Jokowi.

Suasana mendung menambah syahdu pelaksanaan salat Iduladha kali ini. Khatib dalam salat Iduladha, KH Jaufar Mustofa menyampaikan, pada perayaan Iduladha sebelum-sebelumnya, banyak ujian yang harus dihadapi seperti pandemi Covid-19, serta disusul penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).



"Hal itu adalah ujian untuk meningkatkan ketaatan kepada Tuhan, termasuk dalam interaksi sosial. Namun dengan bersabar, maka bisa melewatinya. Kita harus selalu bersyukur, maka bisa senantiasa melewati ujian," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)