Polresta Yogyakarta Tangkap 2 Bule Asal Hongaria yang Bobol Mesin ATM dengan Aplikasi

Rabu, 28 Juni 2023 - 06:06 WIB
loading...
Polresta Yogyakarta Tangkap 2 Bule Asal Hongaria yang Bobol Mesin ATM dengan Aplikasi
Dua warga Hongaria ini berhasil ambil Rp 72 juta di sebuah mesin ATM di Kota Jogja.(MPI/erfan linangkung)
A A A
JOGJAKARTA - Modus baru pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terjadi di wilayah hukum Polresta Yogyakarta. Modus ini tidak mengganjal 'kartu ATM', tapi dilakukan dengan lebih canggih, yaitu melalui sebuah aplikasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta AKP Archye Nevada. Modus baru ini dilakukan oleh dua warga negara asing (WNA) asal Bulgaria berinisal LP (35) dan PS (55). Keduanya memanfaatkan aplikasi yang sudah mereka kuasai. Baca Juga: Kode Password yang Paling Sering Dipakai Penduduk Dunia

"Mereka menggunakan tablet untuk menghubungkan antara smartphone atau tablet dengan kabel dengan boks ATM. Jadi modus mereka bukan cungkil, ganjel, tapi melalui ilegal akses melalui aplikasi atau melalui macbook yang mereka bawa," ucap dia, Selasa (27/6/2023) di Mapolresta Yogyakarta.



Archey mengatakan peristiwa ini bermula pada Senin (19/6/2023) sekira pukul 12.32 WIB siang. Saat itu vendor tengah mengecek boks ATM yang berada di depan Jogjatronik, Gondomanan, Kota Jogja.

Saat pengecekan itu ternyata didapati jika uang yang ada di box ATM berkurang. Setelah diteliti ternyata uang di Box ATM tersebut sudah berkurang hingga Rp72.350 juta. Namun tidak ada kerusakan di mesin ATM tersebut

Mengetahui hal tersebut, petugas pengecekan mesin ATM kemudian berinisiatif melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Gondomanan. Polisipun menindaklanjutinya dengan berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polresta Yogyakarta.

"Kemudian bersama dengan jajaran Satreskrim Polresta Yogyakarta membuat timsus untuk mengungkap perkara tersebut," terang dia.

Tak lama setelah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan keterangan saksi serta alat bukti, polisi akhirnya berhasil mengetahui identitas pembobol mesin ATM tersebut. Hingga akhirnya mereka berhasil mengidentifikasi keberadaan para pelaku.

"Dua pelaku tersebut berhasil diamankan di sebuah hotel wilayah Klaten, pada Rabu (21/6/2023) kemarin," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)