alexa snippet

Student Formula SAE Competition Of Japan

Mobil Balap Bimasakti UGM Terbaik di Asia Tenggara

Mobil Balap Bimasakti UGM Terbaik di Asia Tenggara
Mobil balap formula Bimasakti milik UGM berhasil membawa pulang beberapa penghargaan dalam ajang Student Formula SAE Competition of Japan di Jepang pada 6-10 September 2016 lalu. (Foto:Ist)
A+ A-
YOGYAKARTA - Mobil balap formula Bimasakti milik UGM berhasil membawa pulang beberapa penghargaan dalam ajang Student Formula SAE Competition of Japan di Jepang pada 6-10 September 2016 lalu. Pada kompetisi tersebut, tim Bimasakti juga dinobatkan sebagai tim terbaik yang berhasil mengungguli mobil balap dari tim-tim lain asal Asia Tenggara.

"Tim kami menempati peringkat ke-26 berdasarkan hasil poin secara keseluruhan dari 92 tim yang mengikuti kompetisi. Selain itu, Bimasakti juga berhasil menempati urutan ketiga untuk kategori Overseas Team dan peringkat tiga dalam kategori Efficiency kelas Internal Combustion Vehicle (ICV)," ujar Anggota Tim Bimasakti Fajar Fitrahadi Danda, Selasa (13/9/2016).

Fajar menuturkan, prestasi yang diraih tim Bimasakti merupakan hasil dari kerja keras tim bahkan sejak dua tahun yang lalu. Dia dan 27 anggota tim lainnya pun cukup puas dengan mampu mencatat prestasi tertinggi dari pencapaian para perwakilan Indonesia yang selama ini mengikuti Student Formula Japan SAE Competition.

"Mobil formula yang dibawa tim Bimasakti tahun ini adalah mobil formula Bimasakti generasi ke-5. Mobil ini kami rancang dengan melakukan riset dan upgrading besar-besaran dalam setahun belakangan. Ternyata mobil bisa menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan," kata mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM ini.

Fajar pun menambahkan, proses kepesertaan UGM pada ajang mobil formula internasional yang bergengsi tersebut sebenarnya tidak mudah.

Pertama, semua peserta wajib mengikuti uji Vehicle Examination, yakni untuk mengetahui apakah mobil memenuhi standar otomotif internasional menurut Society of Automotive Engineers Standar (SAE) atau tidak.

"Hanya tim yang dinyatakan lolos uji yang bisa lanjut mengikuti Dynamic Event dua hari setelahnya. Kompetisinya ada Autocross, Acceleration Event, SkidpadEvent dan Endurance Event," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Senawi mengatakan, prestasi yang diperoleh oleh tim Bimasakti tersebut merupakan langkah lanjutan bagi Bimasakti untuk memiliki prestasi yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang.

"Kami tentu bangga dan mendorong agar tim Bimasakti maupun mahasiswa UGM lainnya untuk terus mengukir prestasi," tandasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top