Prevalensi Stunting 21 Persen, Ahli Unpad Sebut Telah Ada Sejak Zaman Nenek Moyang

Senin, 26 Juni 2023 - 18:27 WIB
loading...
Prevalensi Stunting 21 Persen, Ahli Unpad Sebut Telah Ada Sejak Zaman Nenek Moyang
Prevalensi stunting 21 persen, ahli Unpad sebut telah ada sejak nenek moyang.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pemerintah saat ini terus mengggenjot angka stunting yang majah cukup tinggi, di mana prevalensinya masih di atas 21 persen pada 2022. Kendati begitu, pakar dari Universitas Padjadjaran (Unpad) menyebut, kasus stunting telah ada sejak zaman nenek moyang.

Dosen Departemen Sejarah dan Filologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Elis Suryani Nani Sumarlina mengatakan, beberapa naskah Sunda, baik kuno (bihari) maupun peralihan/klasik (kamari), dan masa kini (kiwari) ada yang berkaitan dengan pengetahuan anti-stunting.

Salah satu naskah yang menjelaskan stunting adalah Sanghyang Titisjati Pralina. Elis menjelaskan, beberapa isi dari naskah ini adalah mengungkap cara perawatan, pemeliharaan, dan penanggulangan anak sejak dalam kandungan hingga remaja.

Baca juga: Puluhan Santri Keracunan Massal hingga Dirawat di Puskesmas dan RSUD Cikalongwetan

“Salah satunya agar kondisi di mana tinggi badan seorang ‘anak’ tidak pendek dibanding tinggi badan orang lain seusianya, dalam arti agar anak tidak gagal tumbuh kembang. Hal ini pun disebabkan oleh kurangnya asupan gizi yang diterima oleh janin/bayi dalam kandungan, hingga masa awal anak lahir,” kata Elis dalam rilis Unpad.

Naskah tersebut menjelaskan tahapan bulan kandungan disertai dengan adat dan tradisi yang mengiringinya, seperti pemijatan ibu dan bayi sejak dilahirkan hingg pemanfaatan toga ketika bayi sakit. Proses ini diharapkan menjadikan bayi/janin yang dikandung sekaligus ibunya dalam keadaan sehat dan kuat serta tidak kekurangan suatu apa pun selama kehamilan dan saat melahirkan.

Elis melanjutkan, naskah Sunda mengungkap upaya nenek moyang untuk menghindari gejala stunting, khususnya yang berkaitan dengan “teks naskah mantra pengobatan”. Hal ini disebabkan adanya keterkaitan antara penyakit yang diderita dan obat (toga) berupa teks yang dibacakan dengan jenis tanaman obat, fungsi, dosis, cara pengolahan, dan tindak pengobatan untuk mengobat ibu dan bayi, baik oleh dukun beranak (paraji) maupun dukun orang pintar.

Beberapa teks judul mantra pengobatan tersebut, di antaranya Jampe Keur Kakandungan, Jampé Tujuh Bulan, Ngajampé nu Kakandungan, Jampé ngalahirkeun/Jampé Orok Medal, Jampé Motong Tali Ari-Ari, Jampé Ngaranan Orok, Jampé Kandungan nu Elat Lahir, Jampé Tampek, Jampé Lamun Orok Ceurik baé, Jampé Lamun Orok Harééng, Jampé Meuseul Orok, Jampé Nyeri Beuteung, dan lain-lain.

Elis mengatakan, pengetahuan tentang cara merawat, memelihara, dan menangani anak sejak dalam kandungan hingga remaja yang terungkap dalam naskah Sunda diharapkan menjadi anak sejak dalam kandungan hingga tumbuh dewasa menjadi selamat dan sehat, terhindar dari stunting.

“Hal ini setidaknya dapat menjadi referensi literasi untuk generasi muda di zaman teknologi canggih saat ini, yang akan berperan menjadi ‘ibu’, sebagai garda terdepan dalam pendidikan informal, dalam upaya mengurus, membimbing, mendidik, mengasuh anak, agar sehat dan kuat. Semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi ilmu lain secara multidisiplin,” kata Elis.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)