Hadapi Nataru hingga Libur Panjang, KCJB Uji Coba 16 Rangkaian Kereta

Senin, 26 Juni 2023 - 12:30 WIB
loading...
Hadapi Nataru hingga Libur Panjang, KCJB Uji Coba 16 Rangkaian Kereta
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus melakukan rangkaian Testing & Commissioning. Salah satunya adalah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di momen high season
A A A
BANDUNG - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus melakukan rangkaian Testing & Commissioning. Salah satunya adalah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di momen high season seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga libur panjang.

Uji coba KCJB yang dilakukan pada Minggu (25/6/2023) kemarin yaitu menggunakan dua rangkaian KA yang digandengkan. Rangkaian yang digandengkan yakni Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi dan Electric Multiple Unit (EMU) atau Kereta Penumpang.

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, penggabungan tersebut bertujuan untuk memastikan prasarana KCJB mulai dari jalur rel, persinyalan, kelistrikan, dan komunikasi mampu melayani dua rangkaian kereta cepat sekaligus.

"Pada momen-momen tertentu rangkaian KCJB dapat digabungkan untuk meningkatkan kapasitas angkut. Utamanya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada high season seperti mudik, nataru, libur panjang, dan lainnya," kata dalam keterangannya, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Puluhan Santri Keracunan Massal hingga Dirawat di Puskesmas dan RSUD Cikalongwetan

Adapun pada satu rangkaian KCJB terdiri dari 8 kereta penumpang dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 601 kursi. Dengan penggandengan dua rangkaian KCJB, maka total panjang rangkaiannya menjadi 16 kereta sehingga jumlah tempat duduk yang tersedia menjadi 1.202.

Berdasarkan data, pengujian kali ini berjalan lancar dengan waktu tempuh dari Bekasi menuju Tegalluar sekitar 40 menit.

"KCIC bersama kontraktor akan terus melakukan pengujian untuk berbagai kondisi dalam rangka mempersiapkan pengoperasian KCJB. Paralel, KCIC bersama Kemenhub juga tengah mempersiapkan izin operasi KCJB guna memberikan layanan yang aman dan nyaman," tandas Emir.

Kegiatan pengujian kali ini diikuti oleh Staff Khusus 3 Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Direktur HR, SSHE, dan Aset KCIC Adhi Priyanto Putro, Forum Wartawan BUMN, Kontraktor KCJB, serta jajaran terkait lainnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)