Sapi Ongole Dari Gresik, Dipesan Presiden Jokowi untuk Kurban

Minggu, 26 Juli 2020 - 10:09 WIB
loading...
Sapi Ongole Dari Gresik, Dipesan Presiden Jokowi untuk Kurban
Sapi unggul seberat satu ton dari Kabupaten Gresik, menjadi pesanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban. Foto/iNews TV/Agus Ismanto
A A A
GRESIK - Idhul Adha tahun ini, menjadi berkah tersendiri bagi Muhammad Soleh. Peternak Sapi asal Kabupaten Gresik tersebut, menerima pesanan sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(Baca juga: Jelang Idul Adha, Khofifah Pantau Ketersediaan Hewan Kurban )

Sapi unggul peranakan ongole hasil peternakan milik Muhammad Soleh, dibeli Presiden Jokowi untuk kurban. Sapi berusia lima tahun tersebut, memiliki berat satu ton lebih.

Pesanan dari Presiden Jokowi ini, bukan kali pertama diterima peternak sapi berusia 57 tahun asal Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pesanan yang sama juga pernah diterimaknya pada tahun lalu.

"Pesanan tahun lalu beratnya satu ton 20 kg, dengan tinggi 159 cm, dan panjang 186 cm. Lingkar dadanya mencapai 234 cm. Tahun ini kondisinya hampir sama," tuturnya. (Baca juga: Cegah Kerumunan, Penyembelihan Kurban Dianjurkan Gunakan RPH )

Sapi unggul ini merupakan hasil budidaya yang telah dipersiapkan secara matang, mulai dari pemilihan bibit, pemberian makanan, hingga menjaga kesehatannya.

Muhammad Soleh mengaku mendapatkan telepon dari ajudan Presiden Jokowi, yang meminta disediakan sapi unggul untuk kurban. "Mendapatkan permintaan tersebut, saya langsung menawarkan sapi yang sudah disiapkan," tuturnya.

(Baca juga: Kisah Cahyo Widodo, Difabel Semarang yang Kini Punya Banyak Warung )

Pesanan sapi dari Presiden Jokowi tersebut, menjadi kebanggaan dan pemacu semangatnya untuk terus menekuni budidaya sapi unggul. Harga sapi unggul hasil budidayanya, termasuk yang dipesan Presiden Jokowi, mencapai antara Rp70 juta-80 juta/ekor.

Sapi unggul pesanan Presiden Jokowi tersebut, rencananya akan dikirim ke Masjid Agung Al Akbar Surabaya, pada Kamis (30/7/2020), untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)