Jelang Idul Adha, Khofifah Pantau Ketersediaan Hewan Kurban

Minggu, 26 Juli 2020 - 09:22 WIB
loading...
Jelang Idul Adha, Khofifah Pantau Ketersediaan Hewan Kurban
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke sentra-sentra penjualan hewan kurban. Salah satunya di Bangkalan, Madura. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Guna memastikan ketersediaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan ke sentra-sentra penjualan hewan kurban. Salah satunya di Kabupaten Bangkalan.

(Baca juga: Cegah Kerumunan, Penyembelihan Kurban Dianjurkan Gunakan RPH )

Didampingi Bupati Bangkalan RKH Abd. Latif Amin Imron, Khofifah meninjau Pasar Hewan Tanah Merah Bangkalan serta Kelompok Tani Ternak "Usaha Bersama" di Desa Pettong, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Sabtu (25/7/2020).

Saat mengunjungi Desa Pettong, Khofifah melihat secara langsung hewan ternak sapi dan kambing milik kelompok peternak tersebut yang dikumpulkan di Lapangan Pettong. Total ada 100 ekor sapi dan 75 ekor kambing.

Kelompok ternak yang beranggotakan 20 orang peternak tersebut juga menjual hewan kurban secara online. Khofifah pun mengapresiasi format penjualan hewan kurban secara online yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut.

(Baca juga: Mobil Polrestabes Surabaya Tiba, Pelanggar Semburat )

Menurutnya, penjualan hewan kurban secara online ini menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berkurban dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat bisa memilih hewan kurban secara online dari lokasi manapun tanpa perlu datang ke lokasi.

Para pembeli yang berasal dari berbagai daerah bisa memilih hewan kurban secara online dan membayar melalui transfer atau non tunai (cashless). Pemotongan hewan kurban pun dapat dilakukan di tempat ini sekaligus disiapkan tempat untuk menimbang berat hewan tersebut.

Penjualan secara online ini menjadi solusi dimana pedagang dan pembeli tidak perlu bertatap muka langsung, terlebih dalam situasi pandemi saat ini.

"Mereka tetap bisa menjalankan ibadah untuk pemotongan hewan kurban dengan mengakses secara online. Desa ini terhitung cukup jauh dari kecamatan Tanah Merah, tetapi saat ini mereka sudah melakukan inovasi terobosan penjualan hewan kurban secara on line sekaligus jasa pemotongan hewan kurban," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1072 seconds (0.1#10.140)