Pendaki yang Tersesat di Manglayang Ditemukan Selamat

Minggu, 26 Juli 2020 - 07:14 WIB
loading...
Pendaki yang Tersesat di Manglayang Ditemukan Selamat
Agus Febrianto (kiri/celana krem), pendaki yang tersesat di Gunung Manglayang ditemukan selamat. Foto/Humas Basarnas Bandung
A A A
SUMEDANG - Agus Febrianto (28), seorang pendaki yang sempat dikabarkan tersesat di Gunung Manglayang, berhasil ditemukan oleh tim search and rescue (SAR) gabungan pada Minggu (26/7/2020) sekitar pukul 00.35 WIB.

Meski ditemukan selamat, kondisi Agus saat ditemukan sudah lemas setelah hampir seharian tersesat di gunung tersebut.Agus juga kelaparan dan harus menahan suhu udara dingin. (BACA JUGA: Terpisah dari Rombongan, 1 Pendaki Tersesat di Gunung Manglayang )

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah mengatakan, korban Agus ditemukan dengan jarak 1.3 kilometer dari lokasi kejadian yang diperkirakan di sekitar Curug Ciantani. (BACA JUGA: Telah 5 Hari Kakek Dodo Diduga Tersesat di Perkebunan Cibuni )

"Selanjutnya, tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki yang tersesat itu ke Pos Pendakian Baru Bereum," kata Deden dalam keterangan tertulis Humas Basarnas Bandung.

Unsur SAR yang terlibat dalam operasi pencarian, antara lain, Basarnas Bandung, Wanadri, Kompas, PAL IKOPIN, MAHATVA, MAPALI, IEA, PPG SADAWANA, WANAPALA, dan KKT Adventure.

Sekitar pukul 02.00 WIB, ujar Deden, tim SAR gabungan bersama korban Agus tiba di Pos Pendakian Baru Bereum. Selanjutnya pendaki tersebut diserahterimakan kepada keluarga.

"Dengan telah ditemukan survivor operasi SAR dinyatakan selesai, Unsurs SAR terlibat kembali ke kesatuan masing-masing," kata Deden.

Seperti diberitakan, Agus Febrianto, warga Jalan Karang Layung Dalam Nomor 15 RT 003/010, Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, dikabarkan tersesat di Gunung Manglayang pada Sabtu (25/7/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Agus diduga tersesat setelah terpisah dari rombongan.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Bandung, awalnya, Agus bersama tiga temannya mendaki Gunung Manglayang dari pos pendakian Batu Beureum, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Pada pukul 09.00 WIB, korban Agus terpisah dari rombongan hingga dinyatakan hilang karena sampai malam dia belum kembali. Akhirnya, warga melaporkan hilangnya Agus ke Basarnas Bandung pukul 21.00 WIB.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8157 seconds (0.1#10.140)