Sudah 2.400 Orang Daftar Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya

Minggu, 26 Juli 2020 - 05:45 WIB
loading...
Sudah 2.400 Orang Daftar Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya
Warga mendaftar untuk mendapatkan kartu peserta salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Al Akbar Surabaya. Foto/INEWSTv/Hari Tambayong
A A A
SURABAYA - Baru dibuka dua hari, sebanyak 2.400 jamaah telah mendaftar dan mengambil kartu peserta salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Al Akbar Surabaya pada 31 Juli 2020.

Akibat pandemi COVID-19, Masjid Al Akbar membatasi jumlah jamaah dengan kuota 5.000 orang dari kapasitas seharusnya 40 ribu jamaah. Lima ribu orang jamaah salat Idul Adha itu dengan perincian 60% pria dan 40% wanita. (BACA JUGA: Serapan Anggaran COVID-19 Minim, 1.383 Warga Surabaya Gagal Diselamatkan )

Jamaah perempuan yang akan mengikuti salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya mulai berdatangan. Mereka mengantre untuk mendapatkan kartu peserta salat Idul Adha. (BACA JUGA: Sejumah Siswa Belajar Daring Gunakan Wifi Warkop Malah Kena Razia Masker )

Saat melakukan pendaftaran dan pengambilan kartu peserta, jamaah wajib menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga. (BACA JUGA: Angka Kesembuhan COVID-19 di Jatim Melebihi Kasus Positif Baru )

Pembatasan jumlah jemaah dilakukan untuk mempermudah pengaturan phisycal distancing atau jarak fisik antarjamaah. Takmir Masjid Al Akbar Surabaya memberikan jarak 2 meter antarjamaah dalam tiap saf.

Pendaftaran peserta salat Idul Adha di Masjid Al Akbar dilakukan secara online melalui website. "COVID-19 ini kan enggak main-main ya. Kita harus betul-betul steril. Kemarin saya sudah memberikan masukan kepada para peserta salat Idul Adha harus melakukan rapid test kalau sudah lolos, negatif baru boleh," kata Rusmiati, jamaah Masjid Al Akbar Surabaya.

Nensi, jamaah Masjid Al Akbar Surabaya, mengatakan, merasa nyaman dengan pemberlakuan kartu peserta dan pembatasan jumlah jamaah salat Idul Adha.

"Ya nyaman mas. Kalau berdasarkan kartu kayak gini pasti akan merasa aman dari pandemi dan bisa nyaman saat beribadah. Saya mendaftarkan 5 orang anggota keluarga," ujar Nensi.

Sementara data dari pihak Masjid Al Akbar Surabaya setelah pendaftaran dan pengambilan kartu peserta salat Idul Adha dibuka, dalam dua hari ini sudah tercatat sebanyak 2.400 jamaah.

"Kartu peserta wajib dibawa saat pelaksanaan salat tepat pukul 6 pagi pada 31 Juli 2020 mendatang," kata Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmi Noor.

Pada Sabtu (25/7/2020), ujar Helmi, sebanyak 1.200 jamaah perempuan yang mendaftar. "Insya Allah pada 29 Juli, persentase 60%-40% telah terpenuhi," ujar dia.

Helmi menuturkan, saat pelaksanaan salat Idul Adha 1441 Hijriah, Masjid Al Akbar membuka seluruh lantai, termasuk memaksimalkan teras masjid untuk saf para jamaah.

"Sebanyak 190 relawan akan mengarahkan para jamaah termasuk meminta bantuan anggota tni dan polri untuk pengamanan," pungkas Helmi.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2243 seconds (0.1#10.140)