Rumah Ibu 4 Anak yang Kakinya Terpaksa Diamputasi Direhab Polres Cimahi

Kamis, 22 Juni 2023 - 23:44 WIB
loading...
Rumah Ibu 4 Anak yang Kakinya Terpaksa Diamputasi Direhab Polres Cimahi
Kapolres Cimahi beserta jajaran saat melakukan peletakan batu pertama rehab rumah milik Ibu Ayi di Kampung Cibedug RT 02/14 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, KBB, yang kondisinya tidak layak. Foto: MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Rona bahagia terpancar dari wajah Ayi (45) ketika mengetahui rumahnya di Kampung Cibedug RT 02/14 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal direhab oleh personel dari Polres Cimahi .

Ibu empat anak itu mengaku terharu karena rumah semi permanen miliknya bakal direhab. Sebab kondisinya yang dianggap tidak layak huni dan sangat memprihatinkan, karena sebagian besar atapnya bocor dan kayu-kayunya sudah rapuh.

Rumah Ayi yang berukuran sekitar 4x4 meter tersebut hanya berdinding triplek dan kayu. Tidak ada perabot mewah dan peralatan elektronik seperti alat menanak nasi, televisi hingga radio untuk hiburan keluarga.

Baca juga: Mencekam! Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Siagakan Santri dan Pegawai Hadapi Kedatangan Pendemo

Faktor ekonomi menjadi alasan kenapa rumah Ayi kondisinya sangat tidak layak. Jangankan untuk merenovasi rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit. Ditambah, kaki kanannya yang diamputasi karena musibah kebakaran sehingga dia kesulitan beraktivitas.

"Ibu kena luka bakar beberapa tahun lalu, kakinya menghitam dan terpaksa diamputasi. Ibu juga punya penyakit epilepsi," ucap menantu dari Ayi, Indri kepada wartawan, Kamis (22/6/2023).



Sehari-hari untuk berjalan, Ayi hanya bisa mengesot perlahan. Terkadang dia bisa berjalan tetapi harus dibantu tongkat bekas. Di rumahnya kini dihuni Ayi bersama suami yang kondisi ekonominya hanya bekerja buruh serabutan.

"Anak yang pertama (suami saya) sudah pisah rumah dengan ibu. Sekarang ibu dan bapak hanya tinggal ditemani dua adik yang masih kecil, kalau bapak terpaksa tidur bersebelahan dengan dapur yang disekat triplek serta beralaskan tumpukan karton," tuturnya.

Melihat kondisi Ayi dan keluarganya yang serba kekurangan membuat Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono merasa terpanggil untuk membantu. Dia berjanji akan segera menuntaskan rehab rumah Ayi agar lebih layak ditempati.



"Rumahnya akan direhab, kalau udah jadi bakal memberikan bantuan perabotan seperti kasur, dispenser, kompor gas serta alat menanak nasi jika renovasi rumahnya sudah beres sekitar 10 hari ke depan," katanya.

Aldi menjelaskan, rehab rumah Ayi merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-77 Bhayangkara. Pihaknya menggandeng Pemda KBB, TNI serta dukungan pengusaha pariwisata untuk membantu masyarakat kurang mampu di wilayah Lembang.

"Kita lihat kondisi rumah ibu Ayi sangat tidak layak, alhamdulillah semua membantu, mudah-mudahan ini menjadi harapan baru untuk keluarga Ibu Ayi," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)