Kepiawaian Menyerap 73 Persen Belanja Produk Dalam Negeri Antarkan Polda Bali Raih Juara 2 Pengelolaan Logistik

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:51 WIB
loading...
A A A
Puncaknya, seluruh produk yang telah meraih sertifikat TKDN dipersiapkan tim logistik untuk digunakan Polri dalam operasi pengamanan KTT G20 di Bali, November 2022 lalu.

Produk itu mulai alat material khusus seperti mobil dan senjata buatan PT Pindad hingga perlengkapan perorangan produksi dalam negeri mulai seragam, sepatu hingga rompi anti peluru.

Nelson mengibaratkan KTT G20 sebagai medan operasi untuk mengamankan wilayah Bali. Sehingga pengelolaan logistik harus bisa memenuhi segala sarana prasarana yang dibutuhkan seluruh jajaran Polri untuk melaksanakan operasi.

Unsur reserse misalnya, membutuhkan alatdirectional finder untuk mengetahui pelaku kejahatan yang ingin mengganggu pelaksanaan KTT G20. Lalu unsur intelijen harus punya alat data base pelaku teror, makar dan sebagainya.

"Reskrimsus butuh alat mencegah tindakan siber. Brimob juga perlu kontainer penjinak bom. Paling vital unsur pengamanan VIP butuh anti drone untuk bisa memberi keamanan kepala negara dan peserta," ungkap perwira polisi yang sebelumnya menjabat Kabagada Roada B/J Slog Polri ini.

Kepiawaian Nelson dan jajarannya menyerap produk dalam negeri menorehkan prestasi Polda Bali sebagai juara kedua pengelolaan logistik tingkat Polda delam Rakernis Logistik Tahun Anggaran 2023 di Yogyakarta, Maret 2023 lalu.

Juara satu diberikan kepada Polda Jawa Timur dan juara ketiga jatuh ke Polda Riau.

"Kita dinilai telah melaksanakan penyerapan produk dalam negeri mencapai 73 persen," ungkap Nelson.

Menurutnya, kesuksesan pengamanan KTT G20 tentu bukan prestasi Polri semata, tapi hasil kolaborasi semua kementerian dan lembaga negara.

"Filosofi mengemban fungsi logistik itu, logistik secara kasat mata tidak memenangkan peperangan. Tapi tak ada perang yang dimenangkan tanpa logistik," ujar Nelson yang menjabat Karolog Polda Bali sejak Desember 2020 ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)