Ribuan Warga Padati Job Fair Kota Bandung, Buru Berbagai Bidang Pekerjaan

Selasa, 20 Juni 2023 - 13:01 WIB
loading...
Ribuan Warga Padati Job Fair Kota Bandung, Buru Berbagai Bidang Pekerjaan
Ribuan warga mengikuti Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. Tercatat, sebanyak 11.467 orang mendaftarkan diri
A A A
BANDUNG - Ribuan warga mengikuti Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung. Tercatat, sebanyak 11.467 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti Job Fair yang digelar di Kiara Artha Park, 20-21 Juni 2023.

Pantauan di lapangan, para peserta yang akan mengikuti job fair mengantre untuk memasukan lamarannya sejak pagi hari. Beberapa peserta memilih memasukkan beberapa lamaran ke sejumlah perusahaan.

Salah seorang pengunjung Aura (19), mengaku sengaja mendaftar untuk mencari pekerjaan di Job Fair tersebut. Aura yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) mendaftar ke perusahaan ritel. "Aku baru ikut (Job Fair) pertama kali. Aku baru lulus SMA," katanya.

Menurutnya, mendaftarkan diri untuk masuk ke Job Fair sangat mudah, hanya memasukan beberapa data saja. "Daftarnya nggak ribet, sangat mudah. Aku daftar ke Alfa Mart, Indomart," katanya yang asli Warga Parakan Saat, Kiaracondong, Kota Bandung.

Baca juga: Jawa Barat Jadi Provinsi Pertama Terapkan Work From Anywhere di Indonesia

Di tempat yang sama, Rizky Maulana (19) mengaku memanfaatkan momen Job Fair untuk melamar kerja di perusahaan ritel. "Saya baru lulus. Saya apply ke Yomart bagian gudang," ujarnya.

Diketahui, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bandung akan menggelar Job Fair pada 20-21 Juni 2023 dengan menyediakan 4.000 lebih lowongan kerja. Sebanyak lebih dari 40 perusahaan mengikuti bursa kerja ini untuk merekrut karyawan baru. Job fair akan berlangsung di Kiara Artha Park, pada 20 - 21 Juni 2023 pukul 08.00-16.00 WIB.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Andri Darusman mengatakan, job fair atau bursa kerja ini digelar untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran terbuka di Kota Bandung.

Saat ini, pengangguran terbuka di Kota Bandung mencapai 137.000 orang atau 9,5 persen. Andri berharap, tahun 2023 pengangguran terbuka akan turun ke angka 8,7 persen.

Andri menyebut bursa kerja tersebut terbuka untuk umum. Tak hanya itu, ada pula lowongan pekerjaan bagi disabilitas. "Kita akan prioritaskan disabilitas. Nanti di lokasi bagi disabilitas akan ditempatkan di bagian depan," kata Andri, Selasa 13 Juni 2023.

Perusahaan yang berpartisipasi pada Job Fair Juni 2023 Disnaker Kota Bandung ini di antaranya MNC Play, Sosro, KFC, Mandiri, Yomart, Agung Podomoro Land, dan Richeese Factory. Lowongan yang tersedia diperuntukan bagi lulusan SMP, SMU/SMA, Diploma, S1 dan S2. Pendaftaran dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya (gratis).
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)