Tingkatkan Ekonomi Warga, GP Takalar Pelatihan Olah Rumput Laut

Minggu, 18 Juni 2023 - 20:19 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Warga, GP Takalar Pelatihan Olah Rumput Laut
Relawan GP Takalar menggelar pelatihan mengolah rumput laut menjadi produk kerupuk stik di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Minggu (18/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TAKALAR - Relawan Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar menggelar pelatihan mengolah rumput laut menjadi produk kerupuk stik. Kegiatan yang menyasar ibu-ibu ini bertujuan meningkatkan perekonomian warga.

Perwakilan Koordinator GP Takalar Daeng Bella mengatakan, Desa Ujung Baji dikenal sebagai kawasan penghasil rumput laut karena letaknya yang strategis di pesisir laut. Bahkan, masyarakat setempat juga membudidayakan rumput laut di tambak.

"Karena mata pencaharian di Desa Ujung Baji adalah rata-rata petani rumput laut. Rata-rata orang bertani rumput laut itu hanya sebatas setelah panen di jual. Dia tidak mengolah sedemikian mungkin untuk bagaimana bisa menjadi olahan yang lebih baik," katanya di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Minggu (18/6/2023).

Kerupuk stik ini dibuat dari perpaduan rumput laut, tepung terigu, gula, garam, daun jeruk, keju, telur, dan masih banyak lagi. Kemudian adonan diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan tekstur yang renyah dan enak.

Rumput laut sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Misalnya, menjaga fungsi tiroid, sumber vitamin dan mineral, sebagai antioksidan,menekan risiko penyakit jantung, mengurangi lemak dalam tubuh dan lain-lain.

Pria yang akrab disapa Ibel berharap, pelatihan ini mampu menjadi solusi bagi masyarakat yang masih bingung bagaimana cara mengolah rumput laut. Dengan begitu, perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat.

"Mudah-mudahan setelah kami hadir, ibu-ibu di sini bisa menciptakan satu produk supaya bisa diperkenalkan ke masyarakat luas. Bahwa masyarakat Desa Ujung Baji dapat memproduksi kerupuk seperti olahan rumput laut di sini untuk menjadi olahan yang nilai ekonomis nya tinggi," tandasnya.

Salah satu warga, Siti Piska Marlina (25) mengaku begitu menantikan pelatihan pengolahan rumput laut menjadi sebuah produk berkualitas dan berdaya jual tinggi. Dia pun mengapresiasi langkah relawan Ganjar Pranowo yang telah memberikan edukasi pelatihan pembuatan kerupuk stik dari rumput laut.

"Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat apalagi bahan dasarnya sudah tersedia. Kalau kemarin-kemarin kami tidak tahu bagaimana mengolah rumput laut. Adanya pelatihan ini bisa memotivasi kami untuk menambah perekonomian kami," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)