Baru Dilantik, Kades di Bangkalan Kaget Ada Transaksi Dana Desa Ratusan Juta Rupiah

Minggu, 18 Juni 2023 - 17:11 WIB
loading...
Baru Dilantik, Kades di Bangkalan Kaget Ada Transaksi Dana Desa Ratusan Juta Rupiah
, Kades Arosbaya, Achmad Susilowanto saat melaporkan raibnya ratusan juta dana desa di rekening desa beberapa hari sebelum dilantik. Foto: iNewsTV/Taufik Syarkawi
A A A
BANGKALAN - Seorang kepala desa yang baru dilantik di Bangkalan , Madura kaget setelah mengetahui ada transaksi dana desa sebanyak ratusan juta rupiah beberapa hari sebelum dirinya dilantik.

Dia pun mengadukan perihal raibnya ratusan juta rupiah dari anggaran dana desanya itu ke pihak kecamatan.

Pelaksanaan pilkades serentak dan pelantikan kades terpilih baru saja digelar akhir Mei lalu di Kabupaten Bangkalan.



Achmad Susilowanto, Kades Arosbaya terpilih ini menceritakan, dia merasakan kejanggalan setelah pejabat sementara Kades Arosbaya, memberikan buku rekening milik desa.

Di dalamnya kata dia, tertera ratusan juta rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dicairkan beberapa hari sebelum dilantik sebagai Kades Arosbaya yakni sekitar pertengahan bulan Mei 2023. “Jumlahnya lumayan besar yakni sekitar Rp250 Juta,” katanya.



Wawan menduga, pencairan APBDes tersebut dilakukan oleh kades lama, padahal masa bakti kades lama sudah habis sejak bulan Desember 2022 lalu.

Wawan bersama sejumlah warganya pun mengadukan hal ini ke pihak Kecamatan Arosbaya, Bangkalan.


Tak hanya mengadu, ia juga mempertanyakan hal tersebut karena proses pencairan APBDes harus melalui persetujuan pihak kecamatan.

Kades Arosbaya, Achmad Susilowanto pun menyatakan akan melanjutkan laporan ini ke pihak kepolisian, jika tidak ada tindak lanjut dari pihak kecamatan.

Sementara pihak kecamatan menyatakan, mereka sebatas melakukan check list secara lengkap, terkait kelengkapan persyaratan yang diajukan dari pihak desa.

“Kami hanya melakukan checklist kelengkapan berkas, begitu juga pencairan anggarannya, tergantung pada pihak desa,” kata Camat Arosbaya,
Agung Firmansyah.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)