Perusahaan di Kaltim Harus Jaga Kelestarian Lingkungan

Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:29 WIB
loading...
Perusahaan di Kaltim Harus Jaga Kelestarian Lingkungan
Gubernur Kaltim, Isran Noor (dua dari kanan) menyerahkan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Emas di Samarinda. Foto/Ist
A A A
SAMARINDA - Perusahaan di Kalimantan Timur (Kaltim) mempunyai tanggung jawab untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan. Terutama di lingkungan sekitar lokasi perusahaan beroperasi.

Pelestarian lingkungan itu dilakukan melalui kerjasama dengan pemerintah serta masyarakat. Hal itu terungkap saat penyerahan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) yang digelar oleh Pemprov Kaltim di Samarinda.



Pada cara tersebut untuk kesembilan kalinya penghargaan Proper Emas dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kaltim diraih Kideco. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, kepada Direktur Eksternal, Legal and Security PT Kideco, Arif Kayanto Arif Kayanto.

"Komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan diwujudkan dengan pemenuhan beberapa aspek meliputi, administrasi dan manajemen pengelolaan lingkungan hidup, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara," ujar Arif Kayanto dalam keterangannya, Sabtu (17/6/2023).

Selain itu pihaknya juga melakukan pengelolaan limbah B3 dan limbah padat non B3, reklamasi-revegetasi, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup tambahan dan produksi bersih yakni upaya 3R (reduce, reuse, recycle).

Tak ketinggalan melakukan konservasi keanekaragaman hayati, mitigasi perubahan iklim dan efisiensi energi, serta sertifikasi pengelolaan lingkungan hidup.



Selain itu, juga melaksanakan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) secara berkesinambungan di 72 lokasi binaan wilayah desa dan kecamatan di Kabupaten Paser sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan.

Penyerahan penghargaan ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Sementara itu, Dirut Kideco Mohammad Kurnia Ariawan menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai inisiatif sebagai turunan dari strategi environmental, social and governance (ESG).

"Serta sejumlah inisiatif lainnya bersama dengan mitra kerja melalui efisiensi bahan bakar dan penggunaan air, ditunjang inovasi digitalisasi, demi mencapai efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional bisnis,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)