Polda Jabar Kerahkan 245 Personel Patroli di Sepanjang Jalur KCJB

Sabtu, 17 Juni 2023 - 05:20 WIB
loading...
Polda Jabar Kerahkan 245 Personel Patroli di Sepanjang Jalur KCJB
Polda Jawa Barat intens berpatroli di sekitar jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menyusul tahapan testing dan commissioning KCJB
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat intens berpatroli di sekitar jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menyusul tahapan testing dan commissioning KCJB yang diproyeksikan beroperasi Agustus 2023 mendatang.

Dalam pengamanan jalur KCJB itu, Polda Jabar mengerahkan 245 personel yang berasal dari Polrestabes Bandung 53 personel, Polresta Bandung 40 personel, Polres Cimahi 39 personel, Polres Purwakarta 53 personel, dan Polres Karawang 60 Personel. Mereka disebar di 39 titik rawan jalur KCJB di Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi adanya tindak pidana kriminal yang terjadi seperti pencurian, perkelahian, dan lain sebagainya.

Selain itu, personel yang diterjunkan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dilintasi jalur KCJB. Para personel pun diminta untuk waspada terhadap pencurian walaupun sifatnya kecil, seperti baut ataupun kabel serta tembaga.

Baca juga: PWNU Jabar Desak Pemerintah Tindak Ponpes Al Zaytun karena Dianggap Menyimpang

"Jika hilang dapat berdampak besar, akibatnya sangat berbahaya, mengakibatkan kecelakaan kereta," kata Ibrahim, Jumat (16/6/2023).

Sejumlah hal yang disosialisasikan kepada masyarakat antara lain hal-hal yang dilarang dan menginformasikan bahwa seluruh jaringan OCS KCJB telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV. Ini menandakan masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar jalur KCJB karena bisa tersengat listrik tegangan tinggi.

“Sosialisasi terkait KCJB diberikan kepada masyarakat sekitar jalur yang dilintasi untuk ikut menjaga sarana dan prasarana salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) demi kemajuan Indonesia” ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga mengimbau masyarakat, pemuda, anak-anak yang tinggal di dekat jalur KCJB mulai saat ini dilarang untuk bermain layang-layang. Mengingat aktivitas tersebut bisa mengganggu kelancaran perjalanan kereta cepat.

"Masyarakat pun diimbau tidak menerbangkan drone di sekitar jalur KCJB," tegasnya.

Dikatakan Ibrahim, anggota yang bertugas pun melakukan pemasangan spanduk, membagikan selebaran,pPoster untuk tidak melakukan kriminalitas pencurian aset KCJB dan sabotase karena akan dijerat pidana.

Diingatkan pula pada kesempatan tersebut, lanjut Ibrahim, agar security lebih ketat dan selektif, di mana yang bukan merupakan pekerja ataupun otoritas proyek tidak dapat masuk dengan sembarangan

"Saat ini sudah terpasang tembok penghalang yang cukup baik dan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan masyarakat yang bermain layang-layang di jalur kereta cepat," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)