Pabrik Ditutup, Eks Pekerja Tambang Terpaksa Jualan Cilok demi Menyambung Hidup

Kamis, 15 Juni 2023 - 16:59 WIB
loading...
Pabrik Ditutup, Eks Pekerja Tambang Terpaksa Jualan Cilok demi Menyambung Hidup
Tutupnya pabrik tambang di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan cerita pilu bagi eks karyawan. SINDOnews/Adi
A A A
BANDUNG BARAT - Tutupnya pabrik tambang di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyisakan cerita pilu bagi eks karyawan. Mereka terpaksa diberhentikan bekerja oleh pihak perusahaan karena sudah tidak berproduksi lagi.

Akibatnya banyak eks pekerja tambang yang harus bekerja serabutan demi mempertahankan hidup keluarganya yang tetap harus makan sehari-hari.

Asep Setiawan (31), contohnya. Buruh tambang yang berlokasi di kawasan Batujajar ini mengaku sudah satu tahun tidak bekerja. Perusahaan tempatnya bekerja mengaku tidak bisa produksi lantaran tidak mendapatkan perpanjangan IUP.

"Saya bekerja sejak tahun 2001 dan sudah setahun dirumahkan karena perusahaan tidak bisa produksi," tuturnya di sela aksi unjuk rasa buruh tambang di Kantor DPRD KBB, Jalan Raya Padalarang, Kamis (15/6/2023).

Dia mengaku harus banting setir bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun itu juga sangat sulit mengingat selama ini kemampuannya hanya bisa sebagai pekerja tambang batu. Akhirnya dia pun terpaksa bekerja seadanya asalkan bisa menghasilkan uang setiap harinya.

"Paling pernah kerja kuli bangunan. Sekarang coba berdagang cilok, sambil berharap pabrik tempat kerja dulu buka lagi," harapnya.

Harapan yang sama juga diucapkan oleh Ojo (46) warga Padalarang yang sempat bekerja di pabrik tambang. Dirinya sudah 15 tahun bekerja di perusahaan tersebut dan diberhentikan setahun lalu karena pabriknya setop beroperasi akibat tidak dapat izin dari pemerintah.

Baca: Buruh Tambang Demo, Arus Lalin di Depan Gedung DPRD KBB Ditutup.

Akibatnya dia kini bekerja serabutan dengan penghasilan yang tidak pasti setiap harinya. Sementara kebutuhan hidupnya semakin bertambah, mengingat di tahun ini satu anaknya masuk SMP dan satu lainnya masuk ke SMA.

"Sudah poeken (gelap) mau usaha apa. Anak mau sekolah, istri juga sudah pulang ke orang tuanya di Cianjur. Harapan saya simpel, pabrik bisa punya izin dan produksi. Jadi saya bisa bekerja lagi buat hidup sehari-hari," ujarnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)