2 Hektare Hutan di Objek Wisata Gle Radar Aceh Terbakar

Senin, 12 Juni 2023 - 03:18 WIB
loading...
2 Hektare Hutan di Objek Wisata Gle Radar Aceh Terbakar
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas dua hektare, melanda area objek wisata Gle Radar, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Foto/iNews TV/Syukri Syarifuddin
A A A
ACEH BESAR - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda objek wisata Gle Radar, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Minggu (11/6/2023). Kawasan yang terbakar, diperkirakan mencapai lebih dari dua hektare.



Upaya pemadaman yang dilakukan petugas, terkendala oleh lokasi yang berada di atas perbukitan terjal sehingga sulit dijangkau. Selain itu, di lokasi karhutla juga tidak ada sumber air yang memadai.



Dalam video amatir yang beredar luas di media sosial, terlihat kobaran api dengan cepat merembet di objek wisata Gle Radar. Musim kemarau dan hembusan angin kencang, membuat karhutla ini dengan cepat membesar dan menjalar ke segala arah.



Petugas BPBD Kabupaten Aceh Besar, Iqbal mengatakan, petugas kesulitan mencapai lokasi karhutla, karena lokasinya berada di perbukitan yang terjal. "Guna memadamkan kobaran api, kami mengerahkan dua armada pemadam kebakaran," tuturnya.

2 Hektare Hutan di Objek Wisata Gle Radar Aceh Terbakar


Selain menggunakan mobil pemadam kebakaran, petugas juga melakukan upaya pemadaman karhutla tersebut secara manual, yakni dengan cara memukul titik api menggunakan ranting pohon.



Upaya pemadaman karhutla ini, juga melibatkan personel TNI, Polri, serta masyarakat yang berada di sekitar lokasi karhutla. Peristiwa karhutla di objek wisata tersebut, masih dalam penyelidikan polisi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)