16 Kendaraan Dikerahkan Evakuasi Perusuh, Polda DIY Pastikan Situasi Kondusif

Senin, 05 Juni 2023 - 05:55 WIB
loading...
16 Kendaraan Dikerahkan Evakuasi Perusuh, Polda DIY Pastikan Situasi Kondusif
Polisi berhasil mengevakuasi ratusan anggota perguruan bela diri ke Mapolda DIY sekira pukul 22.30 WIB. Para perusuh dievakuasi ke Mapolda DIY dengan menggunakan 16 truk Dalmas. Foto dok/SINDOnews
A A A
JOGJAKARTA - Polisi berhasil mengevakuasi ratusan anggota perguruan bela diri ke Mapolda DIY sekira pukul 22.30 WIB. Para perusuh dievakuasi ke Mapolda DIY dengan menggunakan 16 truk Dalmas.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan memastikan bahwa situasi kota Yogyakarta terutama jalan Tamansiswa berangsur dapat dikendalikan. "Situasi sudah kondusif dan sementara berangsur normal," ujar Kapolda tengah malam tadi.


Kapolda menghimbau kepada warga agar tidak terprovokasi untuk melakukan sebuah kegiatan yang bisa mengakibatkan tindakan kriminal yang menambah situasi keamanan atau ketertiban masyarakat di seluruh wilayah baik yang di Jogja maupun yang di luar wilayah Jogja.

Untuk sementara situasi sudah bisa dikendalikan. Namun, pihak Polda tetap melakukan penjagaan dan juga akan melakukan kegiatan patroli untuk memastikan tidak ada orang yang akan melakukan tindakan anarkis lagi.

"Kami telah mengevakuasi (anggota perguruan bela Diri) ke Polda Jogja menggunakan kendaraan-kendaraan Polri. Ada 16 kendaraan tadi," terangnya.

Rencananya sepeda motor yang digunakan para anggota perguruan bela Diri juga bakal dievakuasi ke Mapolda DIY. Namun demikian, satu kompi masih berjaga di depan Pendopo Tamansiswa agar kejadian tidak berulang.

"Dan agar kerusuhan tidak terulang lagi maka kami terus melakukan patroli dan pengamanan. Dia juga sudah memerintahkan jajaran Polres di seluruh DIY untuk meningkatkan patroli mereka guna memastikan kondisi tetap kondusif," ujarnya.

Kapolda juga sudah berkomunikasi dengan Polres Klaten dan kota Jawa Tengah untuk juga melakukan koordinasi sehingga bisa mengamankan situasi yang ada di wilayah Yogyakarta ini.

Seperti diketahui, kerusuhan massal sempat terjadi di wilayah Kota Yogyakarta. Awalnya aksi tawuran terjadi di seputaran Balai Kota Yogyakarta namun kemudian berpindah ke jalan Tamansiswa dan sekitarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)