Ikuti Webinar, Klub Pencinta Motor Honda Nganjuk Pelajari Cara Dapatkan Cuan di Media Digital

Sabtu, 03 Juni 2023 - 16:17 WIB
loading...
Ikuti Webinar, Klub Pencinta Motor Honda Nganjuk Pelajari Cara Dapatkan Cuan di Media Digital
Media digital kini menjadi ruang yang bisa mendatangkan banyak uang alias cuan. Hal ini sudah banyak bukti nyata, di mana seseorang sukses mengawali kariernya melalui ketekunannya di media digital. Foto ilustrasi
A A A
NGANJUK - Media digital kini menjadi ruang yang bisa mendatangkan banyak uang alias cuan. Hal ini sudah banyak bukti nyata, di mana seseorang sukses mengawali kariernya melalui ketekunannya di media digital. Bagaimana cara memulainya?

Di hadapan para anggota Klub CB Prambon Nganjuk, musisi sekaligus penyiar radio Danin Sibilo memastikan bahwa di ruang digital , hobi bisa diolah menjadi uang atau cuan. Hanya, menurut Danin, perlu belajar untuk dapat meningkatkan skill yang dapat mendukung hobi atau passion, sampai akhirnya memiliki value (nilai) yang jarang dimiliki oleh orang lain.



"Banyak figur sukses yang mengawalinya dari sebuah hobi. Syaratnya, ada kemauan belajar yang keras guna meningkatkan keahlian atas hobi yang jadi pilihannya,” tutur Danin memotivasi anggota komunitas pencinta motor Honda pada webinar yang digelar di Stadion Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (3/6/2023) malam.

Syarat lain untuk mewujudkan sebuah hobi menjadi cuan, lanjut Danin Sibilo, ialah bersikap konsisten dan selalu mau meningkatkan keterampilan (improving skill) yang dipilih.

"Konsistensi melakukan apa yang jadi hobi, dan tidak cepat berpuas diri, merupakan kombinasi sikap yang bakal menuntun menuju kesuksesan," kata Danin pada diskusi literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas ruang digital seperti sekarang, sudah menjadi keharusan untuk dapat memanfaatkan ruang digital sebagai alat pendukung keberhasilan "Sebuah hobi, maupun untuk menjadi peluang menghasilkan cuan,” jelas Danin.

Senada disampaikan oleh influencer Novindah Sochmariyanti. Ia mengatakan, untuk mewujudkan hobi jadi cuan lewat media digital kuncinya ada pada ”passion”, yakni memulai memahami minat dan disukai untuk dijadikan value (bernilai).

”Syaratnya, dimulai dari pertanyaan ’What do you like?’ Kemudian didukung oleh tools, personal skill, relate to life, habit, serta human interest. Maka, jadilah hobimu itu cuan,” tegas Novindah.

Novindah menambahkan, keberhasilan membuat hobi menjadi cuan di era digital, sangat bergantung dari kemampuan menggunakan tools, seperti sosial media, e-commerce, dan interaksi dengan berbagai pihak. ”Tukar pikiran dengan creator atau seller lain, maupun dengan customer dan viewers,” imbuhnya.

Sementara, menurut influencer Revina Dyah Pratista, hobi jadi cuan lewat media digital harus dimulai dengan sikap percaya diri, serta adanya niat keinginan kemauan kuat (passion). ”Lalu, tentukan bagian kecil dari pasar yang lebih besar dan memiliki kebutuhan spesifiknya sendiri yang berbeda dari pasar pada umumnya (nieche),” ujarnya.

Dietahui, Kemenkominfo menyelenggarakan program nasional untuk meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia sejak dua tahun lalu. Program Indonesia #MakinCakapDigital membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)