Gotong Royong Kunci Keberhasilan Pembangunan di Kabupaten Lamandau

Jum'at, 02 Juni 2023 - 03:30 WIB
loading...
Gotong Royong Kunci Keberhasilan Pembangunan di Kabupaten Lamandau
Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat hadir dalam acara pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XX Tingkat Kecamatan Delang. Foto: iNewsTV/Sigit Dzakwan
A A A
LAMANDAU - Bupati Lamandau Hendra Lesmana berhasil membangun daerahnya mulai dari tingkat kabupaten hingga desa. Salah satu kuncinya adalah gotong royong .

"Kebersamaan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan, baik di tingkat Kabupaten hingga desa," kata bupati saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XX Tingkat Kecamatan Delang.


Menurutnya, dengan kebersamaan, tidak ada yang sulit dalam membangun daerah dan memajukan masyarakat. "Walau pun dengan keterbatasan di desa kekompakannya harus tetap dijaga," katanya.

Dengan kebersamaan dan kekompakan serta kegotongroyongan, lanjut Bupati, di desa tidak ada yang sulit untuk dibangun dan tidak ada sesuatu yang tidak bisa dipecahkan.



Dia pun mengajak kepada masyarakat agar budaya gotong-royong senantiasa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Gotong-royong tidak sesederhana seremonial saja, namun bagaimana kita dapat memaknai filosofi gotong royong itu dalam konteks nyata di tengah masyarakat.” ungkapnya.



Hendra menjelaskan, nilai-nilai dasar gotong royong dapat ditumbuhkembangkan dengan kebersamaan di desa agar tetap terjaga serta mengedepankan dan mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendra menyerahkan peralatan gotong royong secara simbolis kepada perangkat pemerintahan dan juga masyarakat sebagai tanda dibukanya BBGRM tingkat Kecamatan Delang.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)