RPA Perindo Dorong Kasus Pemerkosaan Disabilitas di Bandung hingga Hamil Segera Disidangkan

Rabu, 31 Mei 2023 - 22:10 WIB
loading...
RPA Perindo Dorong Kasus Pemerkosaan Disabilitas di Bandung hingga Hamil Segera Disidangkan
RPA Perindo mendorong Kepolisian dan Kejaksaan agar kasus pemerkosaan terhadap disabilitas di Bandung hingga hamil dan melahirkan bisa segera diproses atau P21. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Perindo mendorong Kepolisian dan Kejaksaan agar kasus pemerkosaan terhadap disabilitas di Bandung hingga hamil dan melahirkan bisa segera diproses atau P21.

"Polda Jabar menyampaikan bahwa minggu depan mereka akan merampungkan berkas berkas, dan akan melakukan ekspos. Ini yang kami dorong, agar kasus ini bisa segera disidangkan," kata kader dan Bacaleg Partai Perindo Dapil III Kota Bandung, John Binsar Simalango di DPW Partai Perindo Jabar, Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (31/5/2023).


Menurut dia, hari ini pihaknya juga telah melakukan pendampingan terhadap korban pemerkosaan bertemu dengan Polda Jabar. RPA Perindo juga mendampingi korban ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk konsultasi dengan ahli.

"Dalam pertemuan tadi dengan Polda Jabar ada beberapa hal yang disampaikan oleh pihak keluarga terkait dengan permohonan agar kasus ini bisa cepat diproses. Kami harap pihak keluarga bisa segera mendapatkan keadilan," jelasnya.



Tak hanya melakukan pendampingan, pihaknya juga melaporkan beberapa hal yang diduga menjadi penyebab kasus tersebut seolah tidak berkembang. Pihaknya menduga adanya pelanggaran kode etik oleh penyidik.

"Menurut kami ini perlu untuk ada upaya upaya tegas dari kepolisian dan tadi RPA Perindo sudah melaporkan kepada Propam Polda Jabar agar penyidik tersebut bisa diperiksa sebagaimana juga yang kami sampaikan dalam laporan kami," katanya.


Pihaknya berharap, Kepolisian tegas melakukan fungsinya sehingga kasus ini tidak lagi berlarut-larut. Selain itu, RPA Perindo Provinsi Jawa Barat tidak berpihak kepada Kepolisian ataupun kepada Kejaksaan. Tetapi berpihak seutuhnya kepada korban agar mendapatkan keadilan.

Diketahui, RPA Perindo melakukan pendampingan terhadap korban kasus pemerkosaan dan eksplorasi perempuan disabilitas warga Arcamanik, Kota Bandung.

Pendampingan dilakukan setelah pihak keluarga korban mendatangi Kantor DPW Perindo Jawa Barat di Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Rabu (24/5/2023).

Korban datang bersama keluarganya dan diterima oleh jajaran pengurus RPA Perindo seperti Ketua umum RPA Perindo Jeannie Latumahina, Bacaleg Perindo Dapil III Kota Bandung John B Simalango, dan lainnya.

Sementara dari pihak korban, hadir korban berinsial NSF, kakak korban, ibu dan bapak korban, serta pendamping lainnya. Pada kesempatan tersebut, pihak korban meminta bantuan RPA Perindo untuk mendampingi kasus tersebut.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3095 seconds (0.1#10.140)