Pastikan Kesehatan Sapi Jelang Idul Adha, Kementan Lakukan Monitoring di Instalasi Karantina

Rabu, 31 Mei 2023 - 14:37 WIB
loading...
Pastikan Kesehatan Sapi Jelang Idul Adha, Kementan Lakukan Monitoring di Instalasi Karantina
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Karantina Pertanian Belawan memastikan kesehatan hewan sapi yang sudah tersedia menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Foto SINDOnews
A A A
MEDAN - Kementerian Pertanian ( Kementan ) melalui Karantina Pertanian Belawan memastikan kesehatan hewan sapi yang sudah tersedia menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Untuk itu, pemerintah melakukan monitoring dan pengawasan langsung ke kandang pemilik PT. Lembu Andalas Langkat.

Kepala Karantina Pertanian Belawan Lenny Hartati Harahap mengatakan, monitoring telah dilakukan pada Selasa, 30 Mei 2023 kemarin. “Kami harus memastikan hewan sapi yang tersedia di Instalasi Karantina Hewan (IKH) milik PT. Lembu Andalas Langkat dalam keadaan sehat menjelang Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 berserta kelayakan IKH-nya,” ujar Lenny Hartati Harahap, Rabu (31/5/2023).



Menurut Lenny, ketentuan persyaratan IKH sesuai dengan Permentan Nomor 70 tahun 2015 harus memenuhi persyaratan administrasi dan teknis dengan kajian resiko yang didasarkan pada status dan situasi hama penyakit hewan karantina (HPHK) serta jarak populasi rentan dengan lokasi IKH.

Dikatakan Lenny, hewan sapi sebelum masuk IKT sudah memiliki nomor kode batang (RF.ID) dan tercatat dari negara asal. “Kemudian dilakukan lagi pengambilan sampel darah untuk diuji di laboratorium guna memastikan bahwa sapi yang masuk sehat dan bebas bakteri brucella," ujar Lenny.

Lebih lanjut Lenny menerangkan, dalam setiap melakukan pengawasan, pihaknya menyarankan untuk selalu memberikan pakan ternak yang baik seperti bungkil jagung, kulit kopi, kulit ari kopi dan ampas kopi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan hewan.

Manajer IKH PT. Lembu Andalas Langkat, Ilyas mengatakan bahwa pihaknya memiliki tiga supplier sapi dengan standar internasional yang rutin. Yaitu Oustraik, Halen dan Hiley. Sebelum sapi masuk rumah potong hewan (RPH), pihak supplier memeriksa fasilitas kandang sapi, kelayakan RPH.

“Kami selalu mematuhi semua persyaratan karantina sesuai dengan Permentan 70 tahun 2015 dan juga telah memperpanjang masa IKH sejak Agustus tahun 2021 hingga Agustus tahun 2024,” tutur Ilyas.

Sebagai informasi, berdasarkan Data IQFast Karantina Pertanian Belawan, lalulintas sapi milik PT. Lembu Andalas Langkat melalui pelabuhan Belawan selama tahun 2021 tercatat sebanyak 7.941 ekor dan tahun 2022 sebanyak 7.937 serta tahun 2023 sebanyak 1.696 ekor.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)