Terinspirasi Video di Tiktok, Siswa SMK di Cimahi Buat Mesin Es Krim Putar

Selasa, 30 Mei 2023 - 20:13 WIB
loading...
Terinspirasi Video di Tiktok, Siswa SMK di Cimahi Buat Mesin Es Krim Putar
Mesin produksi es krim putar karya lima siswa dari SMK TI Pembangunan, Kota Cimahi, berbahan dasar dari barang tidak terpakai
A A A
CIMAHI - Lima siswa SMK TI Pembangunan, Kota Cimahi, mampu menciptakan inovasi karya mesin eskrim putar sederhana yang berbahan dasar dari barang-barang tidak terpakai.

Mereka adalah Akmal Fauzan Suwanda, Dendi Dwi Wijayanto, Firmansyah, Syahnaz dan Resti yang merupakan siswa kelas XI SMK TI Pembangunan dari jurusan Teknik Pemanasan, Tata Udara dan Pendinginan.

Inovasi karya mereka itu menjadi salah satu yang dipamerkan dalam acara Gelar Karya Hasil Produk Pembelajaran Siswa di SMK TI Pembangunan, yang digelar di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (30/5/2023).

"Ide dasarnya muncul saat melihat salah satu video di Tiktok, mesin pembuat eskrim. Lalu akhirnya berembug bareng temen lalu dicoba dan hasilnya seperti ini," kata salah seorang siswa, Akmal Fauzan Suwanda (17) kepada wartawan.

Baca juga: Polisi Minta Masyarakat Tak Terbangkan Layang-layang dan Drone di Area KCJB

Guna menghemat biaya maka muncul gagasan untuk memanfaatkan peralatan bekas yang tidak terpakai. Seperti motor kompresor, mesin bor, vanbelt, plat besi dan sebagainya. Lalu dengan arahan guru pembimbing akhirnya mesin pengolahan es krim ini berhasil dibuat dalam waktu seminggu.

Dia mengklaim jika mesin eskrim putar hasil karya bersama teman-temannya itu bisa memproduksi eskrim lebih cepat dibandingkan mesin yang ada saat ini. Misalnya kalau biasanya produkai bisa 7 sampai 8 jam, dengan mesin ini bisa hanya 1 sampai 1,5 jam dari mulai proses pembuatan sampai bisa dikonsumsi.

"Waktunya produksinya lebih cepat, tapi memang untuk kapasitas produksinya saat ini baru bisa 2,5 kilogram," sebutnya.

Sementara itu Guru Pembimbing Teknik Pemanasan, dan Tata Udara dan Pendinginan SMK TI Pembangunan Cimahi, Ahmad Saefudin menyebutkan, akan melakukan penyempurnaan terhadap mesin es krim putar hasil karya siswa tersebut. Khususnya dari aspek penampilannya.

"Nanti kita akan coba perbaiki penampilannya supaya lebih menjual dan produksinya diperbanyak," imbuhnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)