Ajari Anak-anak di Pulau Buru Membaca dan Ngaji, Serma Riadi Dipuji Jenderal Dudung dan Pangdam Brawijaya

Senin, 29 Mei 2023 - 20:38 WIB
loading...
Ajari Anak-anak di Pulau Buru Membaca dan Ngaji, Serma Riadi Dipuji Jenderal Dudung dan Pangdam Brawijaya
Ketulusan Serma Mohammad Riadi, Babinsa di Hote, Waesama, Buru Selatan, Pulau Buru, Maluku dalam mengajari anak-anak membaca dan mengaji bikin haru. Foto/Ist
A A A
BURU SELATAN - Ketulusan Serma Mohammad Riadi, anggota TNI yang bertugas sebagai Babinsa di Hote, Waesama, Buru Selatan, Pulau Buru, Maluku dalam mengajari anak-anak membaca dan mengaji bikin haru. Dia yang sempat pulang ke asalnya di Madura akhirnya memilih kembali lagi ke Pulau Buru untuk melanjutkan pengabdian.

Perjuangan Serma Riadi membantu pendidikan anak-anak di Pulau Buru dimulai sejak 2020 silam. Saat itu dia terpanggil untuk mengajarkan anak-anak Hote membaca dan mengkaji. Selain mengajar, dia juga menyiapkan sarana ibadah berupa musala, tempat ngaji dan perpustakaan.



Perpustakaan itu diberi nama Taman Baca Dunia Akherat. Sedangkan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dinamainya Al-Alim.

“Saya membangun mushala dari tabungan uang gaji saya. Adanya mushala ini membantu saya lebih intens mengajari mereka mengaji dan shalat lima waktu. Siang malam tidak kurang 60 orang anak ini bersama-sama saya sejak masa pandemi hingga awal 2023 ini,” kata Riadi dikutip dari laman tniad.mil.id.

Kebersamaan Riadi dan anak-anak di Buru Selatan itu akhirnya harus terputus saat Serma Riadi pada 12 Januari 2023 harus pindah bertugas ke wilayah Kodam V/Brawijaya. Dia pun pindah dinas ke Koramil 0829-01 Kota Bangkalan, Madura.

Serma Riadi saat itu juga harus pulang ke Bangkalan, Madura karena hendak merawatnya orang tuanya yang sedang sakit. Namun kedua orang tuanya tak lama berselang berpulang dalam waktu hanya sebulan.



Prajurit TNI kelahiran Bangkalan, 18 November 1984 yang mengawali dinas di Batalyon Infanteri 731/Kabaresi pada 2006, lalu ke Resimen Induk Kodam XVI/Pattimura, kemudian ke Koramil 1506-05 Kodim 1506/Namlea ini terlanjur cinta kepada Maluku.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mendengar pengabdian Serma Riadi sebagai Babinsa yang dinilai patut diteladani prajurit-prajurit lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)