Latih Kemandirian Warga, Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Mayit

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:14 WIB
loading...
Latih Kemandirian Warga, Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Mayit
Relawan Usbat Ganjar Sumut menggelar pelatihan praktik memandikan jenazah digelar di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Rabu (24/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar pelatihan praktik memandikan jenazah (bilal mayit). Pelatihan yang mengundang beberapa ustaz ini digelar di Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.

Ratusan jemaah dari Majelis Taklim Al-Hikmah, Medan Marelan ikut serta dalam pelatihan ini. Korda Usbat Ganjar Medan Muhammad Nizar Nur mengatakan, pelatihan ini ditujukkan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat. Sehingga bila ada kerabatnya yang meninggal, mereka bisa memandikannya secara mandiri.

"Jadi, untuk keperluan memandikan jenazah balik ke lingkup keluarga. Andai kata terjadi kekosongan bilal mayit, misal saat banjir, ataupun sebagainya. Maka bila ada bilal mayit di tengah keluarga, maka sudah standbye ada yang memandikan," kata Nizar, Rabu (24/2/2023).

Nizar menjelaskan, pelatihan bilal mayit menjadi sangat penting karena memandikan jenazah memiliki dasar hukum fardu kifayah. "Di saat ada seseorang yang sudah melakukan itu, maka gugurlah kewajiban seluruh (orang-orang di daerah tersebut). Sudah terlepas kewajibannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Nizar mengatakan pihaknya akan kembali menggelar pelatihan untuk menambah keterampilan umat muslim di wilayah lainnya di Sumut. "Dasarnya tentang kepentingan-kepentingan umat," tandasnya.

Selain pelatihan tata cara pengurusan jenazah, relawan juga menggelar sejumlah kegiatan positif lainnya. Usbat Sumut menyerahkan bantuan pengeras suara, karpet, dan mukena.

Nantinya pengeras suara dan karpet tersebut akan digunakan untuk kemaslahatan majelis-majelis taklim di sana. "Yang pasti kegiatan ini terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo. Beliau ini amat sangat cinta dan mendukung dengan kemaslahatan umat," tuturnya.

Salah satu tokoh masyarakat di Medan Marelan, Ismail Harun menyambut baik kegiatan dan bantuan yang diberikan relawan Usbat Sumut. Kegiatan ini berguna untuk memperkuat jalinan tali silaturahmi antara relawan dengan jemaah majelis taklim.

"Di samping menguatkan silaturahmi, menambah ilmu pengetahuan. Karena yang banyak bergerak di masyarakat itu kan kaum ibu-ibu. Artinya menamkan keilmuan kepada ibu-ibu, khususnya tentang bilal mayit ini," katanya.

Terkait pelatihan bilal mayit, Ismail menyebut kegiatan tersebut sangat berguna. Dia mengatakan masih banyak keluarga di Medan Marelan yang kebingungan mencari bilal bila ada kerabatnya yang meninggal dunia.

"Kalau bisa lebih ditingkatkan lagi untuk menambah wawasan. Bukan hanya (pelatihan) bilal mayit, terutama ibu-ibu kan juga perlu yang namanya tahsin, supaya lebih bagus ketika membaca Al-Qur’an," harapnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)