Jaga Lingkungan, Komunitas Nelayan Penyuluhan Pelestarian Air 

Jum'at, 19 Mei 2023 - 11:53 WIB
loading...
Jaga Lingkungan, Komunitas Nelayan Penyuluhan Pelestarian Air 
Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel bersilaturahmi dengan kelompok pelaut di Desa Ujung Baji, Takalar, Kamis (18/5/2023). Mereka melakukan penyuluhan pelestarian lingkungan air tempat para pelaut bekerja. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TAKALAR - Komunitas Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan (Sulsel) bersilaturahmi dengan kelompok pelaut di Desa Ujung Baji, Kabupaten Takalar. Mereka melakukan penyuluhan pelestarian lingkungan air tempat para pelaut bekerja.

Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Indra Gunawan menjelaskan, pelestarian lingkungan air sangat penting dalam pekerjaan para nelayan. Khususnya kelompok nelayan di Takalar yang mayoritas merupakan pembudidaya rumput laut.

Di mana pertumbuhan rumput laut sangat di pengaruhi oleh kondisi lingkungan air di sekitarnya. "Untuk menetapkan lingkungan hidup itu bersih, kita ingin mengajak masyarakat secara bersama-sama untuk bekerja kolektif menjaga kelestarian air," kata Indra di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Kamis (18/5/2023).

Beberapa imbauan disampaikan untuk menjaga kelestarian lingkungan air. Mulai dari tidak membuang sampah dan segala jenis limbah ke laut, merawat tanaman di laut, hingga menghindari penggunaan bahan kimia yang berpotensi mencemari air laut.

Pemateri juga memberikan penyuluhan tata kelola budi daya rumput laut yang baik dan benar. "Jadi tujuannya itu kami harap masyarakat Takalar ini lebih giat dan bersemangat untuk melakukan metode tata cara kelola rumput laut dengan ramah lingkungan," ujarnya.

Relawan Ganjar Pranowo ini juga memberikan bantuan sejumlah rope tali sebagai media budidaya rumput laut. Bantuan tersebut ditunjukkan untuk mendukung aktivitas sekaligus meningkatkan produksi para pelaut.

Ini menjadi salah satu aksi relawan yang bertujuan menyejahterakan kelompok-kelompok nelayan kecil di Sulsel. Indra menyebut kegiatan ini diselenggarakan karena terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo yang sangat peduli pada nelayan kecil.

"Pak Ganjar itu peduli terhadap lingkungan, terkhusus di masyarakat pesisir dan kepulauan. Jadi beberapa kegiatan dari Pak Ganjar itu fokus pada bidang pembantuan masyarakat nelayan," jelasnya.

Relawan berkomitmen melanjutkan kegiatan bermanfaat lainnya untuk kelompok-kelompok nelayan kecil di kabupaten lain di Sulsel. "Rencana selanjutnya kami masih akan menyambangi komunitas untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir," tegasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)