Sidang Kasus Penebangan 3 Pohon Durian Kembali Digelar, 4 Saksi Meringankan Dihadirkan

Jum'at, 12 Mei 2023 - 12:09 WIB
loading...
Sidang Kasus Penebangan 3 Pohon Durian Kembali Digelar, 4 Saksi Meringankan Dihadirkan
Sidang kasus penebangan tiga pohon durian dengan terdakwa Iskandar (39) kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Kota Lubuklinggau, Kamis (11/5/2023). (Ist)
A A A
LUBUKLINGGAU - Sidang kasus penebangan tiga pohon durian dengan terdakwa Iskandar (39) kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Kota Lubuklinggau , Kamis (11/5/2023).

Sidang yang dipimpin majelis hakim Afif Januarsyah Saleh menghadirkan saksi a de charge dari penasehat hukum terdakwa. Terdakwa dihadirkan secara zoom meeting dari Lapas Kelas II A Kota Lubuklinggau.

Penasehat hukum terdakwa Komaruzzaman dan Yetti Yuniarti mengatakan, bahwa pihaknya menghadirkan 4 orang saksi a de charge atau saksi yang meringankan bagi terdakwa, antara lain saksi Ali Alatas (35), Epi Yaniza (46), ikut menanam pohon sawit di kebun Suban, serta mengetahui letak tiga pohon durian yang ditebang oleh terdakwa.

"Sedang saksi Ari Susanto (23), yang ikut bersama terdakwa ke kebun melihat pohon durian yang sudah ditebang menjadi 17 balok, serta mengetahui saat 17 balok kayu itu dibawa oleh anggota Polres Musi Rawas sebagai barang bukti," ujar Yetti.

Sementara Tamrin Yadi (35) merupakan sakti fakta yang juga merupakan adik terdakwa. Dan keempat saksi ini dihadirkan oleh penasehat hukum sebagai saksi yang meringankan bagi terdakwa.

“Untuk saksi pengamanan barang bukti ada kejanggalan menurut kami, karena di BAP dikatakan 17 balok kayu itu diamankan pada tahun 2022, sedangkan dari awal kejadian tahun 2020 lalu 17 balok kayu itu sudah langsung diangkut ke Polres,” kata Yetti.

Selain itu juga pihaknya mempertanyakan terkait jaksa yang tidak menghadirkan saksi dari pihak penyidik, dan pelapor dari pihak perusahaan, di sidang kasus pencurian dan pengerusakan 3 batang pohon durian.

Penasehat Hukum terdakwa meminta agar Jaksa bisa memperlihatkan secara langsung barang bukti yang telah disita oleh Polres Musi Rawas, dan itu akan dilaksanakan Jumat (12/5/2023) di Polres Musi Rawas.

“Kami meminta secara langsung ingin melihat barang bukti 17 batang pohon durian yang ditebang, dan katanya telah diamankan di Mapolres Musi Rawas sejak tahun 2020 lalu,” jelas Yetti.

Diketahui Iskandar menjadi terdakwa gara-gara menebang 3 pohon durian di tanah plasma orang tuanya sendiri yang berada di Desa Rantau Serik Kabupaten Musi Rawas, pada tanggal 12 juli 2020 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)