Sejarawan Ungkap Kerajaan Bercorak Hindu-Budha Terakhir Ternyata Ada di Malang

Minggu, 07 Mei 2023 - 08:40 WIB
loading...
A A A
"Setelah dari bale menuju Sangguruh. Ini Nama kunonya adalah Sangguruh, bacanya jadi Sengguruh. Dulu sering kali dalam catatan Belanda, sering kali salah tulis, disebut Senggoro. Yang dimaksud Senggoro itu ya Sengguruh ini. Sering kali dituliskan hanya Senggoro. Kalau ditanya lokasinya dimana ya di selatan, di Malang bagian selatan," ungkapnya.

Penamaan nama Sangguruh atau Sengguruh disebutnya, itu yang akhirnya kini menjadi nama Desa Sengguruh, yang berada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Bahkan bendungan yang ada di sana pun dinamakan Bendungan Sengguruh sesuai nama daerahnya.

Namun dirinya memprediksi bahwa wilayah Kerajaan Sengguruh ini bukan hanya sekitar area Desa Sengguruh saat ini saja, melainkan meluas dan dipecah menjadi dua atau tiga desa.

"Bisa saja sengguruh dan sekitarnya, karena desa sengguruh itu semula desa yang luas. Kemudian pecah mekar menjadi dua dua desa atau tiga desa. Tapi paling tidak kalau kita lihat lokasi temuannya, selain di Desa Sengguruh sendiri temuan-temuan ini kita dapati di Desa Jenggolo, tetangganya itu hanya berseberangan jalan saja, Sengguruh di timur jalan, Jenggolo di barat jalan," kata dia.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)