Peringati Hardiknas, UC Gelar Pameran Inovasi Mahasiswa Dihadiri Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo

Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:34 WIB
loading...
Peringati Hardiknas, UC Gelar Pameran Inovasi Mahasiswa Dihadiri Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo meninjau stan pameran Artxplosion di salah satu mal di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/5/2023). Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada 2 Mei, Universitas Ciputra (UC) menggelar acara pameran Artxplosion sekaligus peluncuran 15 Program Inovatif di Mal Ciputra World Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/5/2023). Acara tersebut dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Rangkaian acara juga terdiri dari seminar internasional dan workshop industri kreatif (ArtXpert), pameran tugas akhir mahasiswa VCD UC (ArtXposure), pameran hasil joint project dengan 5 universitas dari 4 negara (ArtXhibition).


Selanjutnya pameran hasil kompetisi International Creativity & Innovation Award (ICIA) dan pameran Project X - Instalasi Plastic Pollution Management (ArtXcellence), instalasi interaktif (ArtXperience), dan bazaar bisnis lokal (ArtXplore).

"Acara ini merupakan bentuk tanggung jawab UC dalam pengembangan pendidikan yang transformatif dan inovatif yang sesuai dengan perubahan zaman dan sesuai dengan passion anak didik,” kata Rektor UC, Ir Yohannes Somawiharja M.Sc.

Menurutnya, Hardiknas menjadi momentum bagi institusi pendidikan untuk memaknainya dengan menyediakan pendidikan yang transformatif dan inovatif. Hal itu berupa kesempatan bagi peserta didik mempersiapkan diri mereka dengan ilmu yang dibutuhkan di masa depan dan sesuai dengan passion.

"Maka, institusi pendidikan mempunyai tanggung jawab terkait dengan memfasilitasi hal tersebut," ujarnya.



Sementara itu, Wakil Rektor II Bidang Operasional UC, Victor Efendy menambahkan, acara pameran Artxplosion ini bertujuan untuk memberi informasi pada masyarakat bahwa UC memiliki banyak sekali program baru.

Program baru tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan pasar yang berkembang pesat saat ini. Seperti program tentang pemograman hingga artificial intelligence (AI).

"Kami juga ada program arsitektur dan juga desain interior. Harapan kami ke depan banyak masyarakat mengetahui UC dan program yang kami tawarkan," katanya.

Penanggung jawab acara Artxplosion, Cristrian Anggrianto mengatakan, acara ini merupakan acara pameran tugas akhir dari mahasiswa jurusan desain komunikasi visual UC.

Acara ini digelar setiap tahun. Dua tahun sebelumnya digelar secara offline akibat pandemi COVID-19.

"Kami ingin balik, bertemu langsung dengan pasar. Jadi kami adakan pameran tugas akhir untuk mahasiswa kami di Ciputra World Surabaya," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)