Fakta-fakta Mistis Gunung Jimat di Pemalang, Nomor 6 Bikin Merinding

Jum'at, 05 Mei 2023 - 16:59 WIB
loading...
Fakta-fakta Mistis Gunung Jimat di Pemalang, Nomor 6 Bikin Merinding
Kisah mistis Gunung Jimat di Pemalang, Jawa Tengah masih terus beredar di masyarakat. Berbagai misteri mengenai keberadaannya banyak diceritakan oleh warga. Foto/MPI/Aryanto
A A A
GUNUNGKIDUL - KISAH mistis Gunung Jimat di Pemalang, Jawa Tengah masih terus beredar di masyarakat. Berbagai misteri mengenai keberadaannya banyak diceritakan oleh warga sekitar, bahkan hingga luar daerah.

Tokoh sesepuh Desa Mendelem, Mbah Sulam menceritakan, di Gunung Jimat ada batu yang menghilang secara misterius. Batu tersebut sebelumnya terletak di sebelah makam keramat. Batu itu kemudian ditemukan berada di daerah Sumatera.


"Dulu ada warga Desa Mendelem yang merantau ke sana, kemudian melihat batu yang hilang itu, sama persis," kata Mbah Sulam.

Berikut Fakta Gunung Jimat:

1. Gunung Jimat merupakan sebuah bukit yang menyerupai bentuk gunung, terletak di Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, memiliki ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

2. Berdiri menjulang tinggi hingga nampak dari kejauhan seperti layaknya gunung yang dapat dilihat di sepanjang jalan raya Randudongkal - Belik, arah Purbalingga. Gunung Jimat memiliki luas hampir 3,5 hektare.

3. Lereng Gunung Jimat berundak mirip pepunden, dengan sekelilingnya dipenuhi bebatuan yang besar.



4. Gunung Jimat di bagian kaki mirip sebuah payung yang memiliki gua di bawahnya. Gua ini konon sering digunakan untuk bertapa atau bersemedi bagi orang-orang yang mempunyai maksud atau tujuan tertentu.

5. Gunung Jimat telah dikembangkan menjadi objek wisata alam dan arena panjat tebing Via Ferrata.

6. Terdapat makam tua yang dianggap sebagai makam keramat dan memiliki kisah misteri hingga saat ini, yakni tentang hilangnya batu besar secara misterius di dekat makam itu.

Kisah batu berpindah hingga kini masih diyakini. Kisah ini bermula dari cerita salah seorang warga Desa Mendelem yang berziarah ke makam keramat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)