3 Warga Sembuh dari COVID-19, Sumba Timur Kembali Zona Hijau

Selasa, 21 Juli 2020 - 20:13 WIB
loading...
3 Warga Sembuh dari COVID-19, Sumba Timur Kembali Zona Hijau
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Pandemi COVID-19 Sumba Timur Chrisnawan Tri Haryantana dalam konferensi pers di Aula Dinkes Sumba Timur, Selasa (21/7/2020). Foto/INEWSTv/Dion Umbu Ana Lodu
A A A
SUMBA TIMUR - Tiga warga Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebelumnya dirawat dan ditangani intensif di ruang isolasi RSUD Umbu Rara Meha, akhirnya dipulangkan.

Ketiga pasien dinyatakan sembuh setelah sampel swab kedua mereka diuji di Laboratorium Biomolekuler RSUD WZ Johannes, Kupang, kembali dinyatakan negatif. (BACA JUGA: COVID-19, Sebanyak 31 Tenaga Kesehatan di Sumba Timur Masih Dikarantina )

Dengan sembuhnya tiga pasien tersebut, saat ini tidak lagi ada warga yang dirawat dan diisolasi karena positif COVID–19 di Sumba Timur. (BACA JUGA: Sabana Sumba dan Lokataru Kawal Pemeriksaan Warga Adat Praing Patawang )

“Sampel swab tiga warga terpapar dan dirawat di ruang isolasi, yaitu kasus 09, 011, dan 012, telah diuji dan hasilnya semua negatif. Ini (tes swab) untuk kedua kalinya. Karena itu, mereka dinyatakan sembuh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Pandemi COVID-19 Sumba Timur Chrisnawan Tri Haryantana dalam konferensi pers di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumba Timur, Selasa (21/7/2020).

Chrisnawan yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan itu mengemukakan, ketiga warga tersebut telah diperbolehkan pulang ke rumah masing–masing.

“Setelah tiga pasien ini dinyatakan sembuh, tidak lagi ada warga yang terdata positif COVID-19 di Sumba Timur. Kendati demikian, kai tetap imbau semua pihak untuk menjalankan protokol kesehatan agar kita terus berada dalam kondisi bebas dan tidak lagi ada waerga yang positif COVID,” ujar Kadinkes didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Sumba Timur Jonker Telnoni.



Sumba Timur sebelumnya merupakan kabupaten di Pulau Sumba yang warganya terpapar virus Corona. Tak hanya itu, jumlah kasus warga positif covid 19 juga tertinggi dari empat Kabupaten di Pulau Sumba.

Di Sumba Timur sebelumnya jumlah warga yang terpapar Corona sebanyak 12 orang. Seiring waktu, angka itu berkurang hingga mencapai posisi nol kasus positif COVID-19.
(awd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2222 seconds (10.177#12.26)