Mobil Wisatawan asal China Kecelakaan di Jalur Kawah Ijen Banyuwangi

Senin, 01 Mei 2023 - 19:14 WIB
loading...
Mobil Wisatawan asal China Kecelakaan di Jalur Kawah Ijen Banyuwangi
Petugas memeriksa mobil wisatawan asing asal China yang mengalami kecelakaan menuju Wisata Kawah Ijen, Banyuwangi. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
BANYUWANGI - Mobil yang dinaiki sejumlah wisatawan asing asal China mengalami kecelakaan lalu lintas di jalur menuju Wisata Kawah Ijen, Banyuwangi, Jatim. Diduga kecelakaan dikarenakan rem mobil minibus tak berfungsi dengan baik.

Kapolsek Licin AKP Setiyo Widodo membenarkan kejadian kecelakaan mobil minibus yang mengangkut rombongan wisatawan asal China di jalur Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Menurutnya, peristiwa kecelakaan itu berlangsung pada Minggu malam (30/4/2023) sekitar pukul 21.00 WIB.


"Mobil dikemudikan oleh Tjut Jeani Kartikasari (33) beralamatkan di Surabaya. Mereka berangkat ke Kawah Ijen dari Bondowoso," ucap Setiyo Widodo, pada Senin (1/5/2023).

Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen pada Minggu malam.

Saat melintasi jalur menuju Kawah Ijen tepatnya di Tikungan Pondok Segobang Dusun Ampelgading Desa Tamansari Kecamatan Licin, rem mobil bernopol L 1599 LU mendadak blong.

"Pengemudi kehilangan kendali sehingga mobil keluar jalur, lalu terperosok ke sebuah kebun kopi. Sopir memilih untuk mengarahkan kendaraan ke arah kebun kopi daripada mobil terguling," ujarnya.


Pihaknya baru menerima laporan Minggu tengah malam. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi perisitiwa ini diduga karena sopir tidak menguasai jalur ini.

"Sebab di jalur TWA Ijen medannya didominasi turunan panjang. Sehingga apabila dilakukan pengereman secara terus menerus, menyebabkan gagal fungsi pengereman," ujarnya.

Seluruh wisatawan asal China tersebut disebut Setiyo selamat, tetapi proses evakuasi mobil malang itu baru dilakukan pada Senin siang (1/5/2023) karena medan yang terjal dan licin.

"Penumpang dan sopirnya selamat. Untuk TKP-nya di lokasi berupa perengan tebing. Sehingga untuk mengevakuasi mobil perlu puluhan orang untuk menariknya," ucapnya.

Oleh petugas selanjutnya mereka dibawa ke penginapan yang akan mereka huni selama berwisata di Kawah Ijen. Sedangkan kendaraan dibawa ke Pos Pengamanan (Pospam) Polresta Banyuwangi sambil menunggu perbaikan.

"Mobil mengalami kerusakaan parah di bagian depan," tandasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3636 seconds (0.1#10.140)