Asal Usul Nama dan Sejarah Mesuji Lampung, Wilayah yang Sebelumnya Bagian dari Tulang Bawang

Rabu, 26 April 2023 - 14:13 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Mesuji Lampung, Wilayah yang Sebelumnya Bagian dari Tulang Bawang
Mesuji merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung. Kabupaten yang satu ini terletak di ujung timur laut berbatasan langsung dengan Sumatera Selatan. Foto/mesujikab.go.id
A A A
MESUJI - Kabupaten Mesuji merupakan salah satu wilayah di Provinsi Lampung. Kabupaten yang satu ini terletak di ujung timur laut wilayah Provinsi Lampung yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Terbentuknya Mesuji menjadi wilayah kabupaten secara resmi terjadi pada tahun 2008. Namun sebelum itu Mesuji telah melalui proses panjang yang menarik untuk diketahui. Beberapa diantaranya berkaitan dengan asal usul nama dan sejarahnya sendiri.

Asal Usul Nama dan Sejarah Mesuji

Sejarah dimulai pada abad ke 18, ketika Mesuji dihuni oleh masyarakat delapan perkampungan saja. Kedelapan masyarakat dari berbagai marga tersebut kemudian menjadi satu marga yang dinamai Mesuji karena letaknya di tepian Sungai Mesuji.


Untuk keberlangsungan marga tersebut, wilayah Mesuji dipimpin oleh seorang Pesirah yang dipilih melalui pemilihan rakyat dan bersifat otonom atau sepenuhnya. Dalam melaksanakan tugasnya Pesirah tidak sendirian, dirinya dibantu oleh kepala suku yang terdiri dari Rio, Pebareb, Kemit, dan Penghulu.

Sejak adanya sistem pemerintahan tersebut, wilayah Mesuji pun mulai tertata dengan rapi. Kehidupan masyarakat Mesuji yang sangat bergantung dari jalur perairan juga sudah mulai berkembang.

Dikutip dari laman pemerintahannya, wilayah Mesuji pada mulanya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Pada saat itu wilayah ini masih berstatus sebagai daerah kecamatan.

Perjalanan Mesuji menjadi wilayah kabupaten tidak lepas dari peranan masyarakatnya yang terus berjuang mendapatkan status wilayah yang mandiri. Hingga pada 2008, wilayah Mesuji berhasil memisahkan diri dari Kabupaten Tulang Bawang.



Sejarah Mesuji menjadi wilayah kabupaten mulai dilaksanakan di 2008 itu. Pembentukan menjadi wilayah kabupaten ini berdasarkan pada Undang-undang Nomor 49 tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

Setelah resmi menjadi wilayah yang berdaulat, Kabupaten Mesuji terbagi menjadi tujuh wilayah kecamatan yang terdiri dari kecamatan Way Serdang, Kecamatan Simpang Pematang, Kecamatan Mesuji, Kecamatan Rawajitu Utara, Kecamatan Panca Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, dan Kecamatan Mesuji Timur.

Sementara itu, pembentukan Bupati Mesuji pertama dilakukan melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) pada 28 September 2011.

Dalam pemilihan tersebut terpilih nama pasangan H. Khamamik-Ismail Ishak menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mesuji pertama.

Untuk pelantikan kedua pejabat pemerintah Mesuji ini pun dilakukan oleh Gubernur Lampung pada tanggal 13 April 2012 di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

Sejak saat itu Kabupaten Mesuji resmi menjadi daerah otonom yang terlepas dari pemerintahan Tulang Bawang dan telah dipimpin oleh seorang bupati.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4108 seconds (0.1#10.140)