Kenduri Idulfitri, Tradisi yang Terus Dijaga Warga Batu Limau Karimun

Minggu, 23 April 2023 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Kenduri, kata dia, adalah salah satu wujud rasa syukur atas limpahan rezeki dan rahmat yang diberikan Allah SWT, selain rasa gembira menyambut kedatangan bulan Syawal. Dalam praktiknya, kenduri di rumah-rumah warga dihadiri belasan hingga puluhan orang atau jemputan.

Mereka bersama-sama membacakan doa yang terkandung dalam ayat suci Al-Quran, dengan dipandu seorang juru doa atau disebut modin. "Doa-doa yang dibacakan bertujuan menolak segala bala atau musimbah, termasuk bacaan doa arwah untuk keluarga atau sanak saudara dari tuan rumah yang punya hajatan kenduri," kata Sudir.

Usai doa dibacakan, tuan rumah lantas menjamu jemputan yang hadir ke rumahnya dengan aneka hidangan. Nasi ketupat, dan lauk rendang, acap kali menjadi hidangan utama saat kenduri Idulfitri.



Hidangan utama itu, juga akan disandingkan dengan kue-kue yang disusun dalam satu nampan besar. Setiap hidangan dapat disantap empat sampai lima orang. "Kenduri bisa meningkatkan tali silaturahmi, serta merajut kebersamaan dan kekompakan antarwarga," ucap Sudir.

Sementara, salah seorang warga Batu Limau lainnya, Azli, mengatakan rumahnya ikut mengadakan hajatan kenduri setelah salat Idulfitri 1 Syawal 1444 H. Ia dan keluarga rutin melaksanakan kenduri Idulfitri setiap tahun, khususnya pada pagi hari usai salat Idulfitri.

"Setiap tahun kita gelar kenduri Idulfitri, sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang Allah SWT anugerahkan. Salah satunya dipertemukan dengan bulan Syawal yang mulia tahun ini," ucap Azli.

Di Kepri, secara umum tradisi kenduri Idulfitri masih tetap terjaga sampai hari ini. Hampir semua kabupaten atau kota di tanah Melayu itu, giat melestarikan acara kenduri dengan berbagai aneka jenisnya, mulai dari kenduri doa selamat, tahlil, pindah rumah, dan bertunangan.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)