2 Gempa Besar Guncang Wakatobi, BNPB Sebut Situasi Normal

Sabtu, 22 April 2023 - 21:54 WIB
loading...
2 Gempa Besar Guncang Wakatobi, BNPB Sebut Situasi Normal
Wakatobi, Sulawesi Tenggera diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4, Sabtu (22/4/2023). Foto/BMKG
A A A
JAKARTA - Dua gempa besar mengguncang wilayah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Sabtu (22/4/2023). Gempa pertama tercatat mengguncang sekitar pukul 15.23 WIB dengan magnitudo 6,4. Pusat gempa berada di 218 km timur laut Kabupaten Wakatobi, dengan kedalaman 10 km.



Berselang 30 menit kemudian, tepatnya sekitar pukul 16.15 WIB terjadi gempa susulan dengan kekuatan magnitudo 5,5 berpusat pada lokasi yang sama. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB juga melaporkan, guncangan gempa terjadi sebanyak dua kali.



"Kedua gempa tidak dirasakan sekitar wilayah Kabupaten Wakatobi," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/4/2023).



Abdul mengatakan, BPBD Kabupaten Wakatobi melaporkan, telah menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan gempa. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan gempa, untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

"BMKG merilis kedua gempa tersebut berpusat di laut, dan berdasarkan pemodelannya gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami," ujarnya. Abdul juga memastikan, tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut.



BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat, untuk memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan, serta tidak mudah terpancing isu-isu yang menyesatkan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)