Hiburan Musik Tradisional Meriahkan Ngabuburit Ramadan di Bojonegoro

Jum'at, 21 April 2023 - 16:45 WIB
loading...
Hiburan Musik Tradisional Meriahkan Ngabuburit Ramadan di Bojonegoro
Penampilan grup musik tradisional menyemarakkan kegiatan ngabuburit di Bojonegoro.
A A A
BOJONEGORO - Karang taruna (kartar) Bojonegoro menggelar kegiatan ngabuburit yang dipusatkan di empat desa. Setiap desa menyajikan berbagai macam kegiatan sosial termasuk juga hiburan musik tradisional.

Koordinator Heppiii Community Bojonegoro Wahyudin Rohbudnur Prasektiono mengatakan kegiatan dipusatkan di empat desa, yaitu Desa Sumodikaran yang diisi khataman Al-Quran, kemudian ada santunan anak yatim piatu, lalu ada pembagian takjil. Acara dilanjutkan dengan buka bersama warga perangkat desa. Kegiatan dilanjutkan dengan safari Ramadan setelah salat tarawih.

"Untuk desa kedua yang menjadi lokasi Ngabuburit Heppiii adalah desa Sumbearum. Di sini selain ada santunan yatim piatu juga ada Perform Oklik, yakni musik tradisional khas Bojonegoro. Musik ini alatnya dari tradisional," jelas Wahyudin.

Selanjutnya ngabuburit juga digelar di Desa Wadang dengan kegiatan kerja bakti dan santunan untuk warga setempat yang kurang mampu. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian takjil, lalu buka bersama dengan kepala desa dan perangkat.

Baca juga: Semarak Ramadan 9 Desa di Lumajang, Bangun Gapura hingga Pasang CCTV

"Kegiatan berikutnya dipusatkan di Desa Pekuwon, yang diisi dengan bagi-bagi ratusan pake takjil, kemudian ada hiburan Live Musik, lalu diakhiri dengan buka bersama," imbuh pria yang biasa disapa Johny ini.

Kegiatan ini digelar serentak di 17 lokasi berbeda di wilayah Jawa Timur dan sebagian berada di Pangkalan Bun. Kegiatan ini mengambil tema 'Bersama Melakukan Kebaikan'.

"Kami ucapkan terima kasih kepada karta Heppiii Community yang sudah menggelar Ramadhan Heppiii. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk semua," jelasnya.

Karta dan komunitas yang menggelar kegiatan ini mulai dari wilayah Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Madiun Magetan, Ngawi, Kediri. Kemudian Ponorogo, Sidoarjo, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso hingga Banyuwangi serta luar Pulau Jawa ada Pangkalan Bun
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)