Seluruh Eks Gafatar Bakal Dipulangkan dari Kalbar

Kamis, 21 Januari 2016 - 21:02 WIB
Seluruh Eks Gafatar Bakal Dipulangkan dari Kalbar
Seluruh Eks Gafatar Bakal Dipulangkan dari Kalbar
A A A
KUBU RAYA - Gubernur Kalbar Cornelis MH didampingi Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Agung Risdhianto, dan Bupati Mempawah H Ria Norsan, meninjau langsung tempat penampungan warga eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang diungsikan di Bekangdam XII/Tpr, Kubu Raya, Kamis (21/1/2016) sore.

Turun dari mobil, Gubernur Kalbar dan Pangdam XII/Tanjungpura langsung menuju lokasi penampungan dan berdialog dengan perwakilan eks Gafatar.
Tidak hanya itu, Cornelis juga menyerahkan bantuan secara simbolis.

Kepada wartawan, Cornelis MH menyatakan, di semua kabupaten/kota se-Kalbar terdapat eks Gafatar. Semuanya akan diungsikan sementara ke Pontianak, untuk kemudian dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing.

"Kalau jumlahnya, saya tidak tahu pasti. Karena mereka ini masuk tanpa kita ketahui. Masuk hanya 5 atau 10 orang, tahu-tahu yang datang sudah ratusan. Ini tanpa sepengetahuan aparat kita di bawah," ujarnya.

Terkait ada beberapa pengungsi eks Gafatar menolak dipulangkan, dengan tegas Gubernur akan tetap memulangkan mereka. "Toh mereka bukan penduduk Kalbar. Kecuali sudah menjadi warga kita, itu sudah menjadi tanggung jawab Kalbar," jelasnya.

Ia mengatakan, semua warga harus tunduk dan patuh terhadap Undang-Undang Administrasi Kependudukan. "Jadi setiap orang keluar masuk di wilayah Indonesia dan daerah wajib diketahui oleh para kepala desa serta camat. Sudah jelas itu aturan main kependudukan," ucapnya.

Pada dasarnya, kata Cornelis, Kalbar tidak menolak siapa pun warga Indonesia yang ingin mencari rezeki di Kalbar. Namun, aturan tetap harus diikuti.

"Asalkan aturan main harus dijalankan. Sebab dalam undang-undang sudah mengaturnya. Kita selama ini legowo kepada semua masyarakat Indonesia yang mau masuk ke Kalbar."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)