Kaukus Kelautan Dibentuk untuk Perkuat Maritim Indonesia

Selasa, 21 Juli 2020 - 08:54 WIB
loading...
Kaukus Kelautan Dibentuk untuk Perkuat Maritim Indonesia
Kaukus kelautan sangat diperlukan kehadiraannya mengingat luas teritorial Indonesia sebagian besar adalah laut dibandingkan daratan. (Foto/Ist)
A A A
BANTEN - Kaukus kelautan sangat diperlukan kehadiraannya mengingat luas teritorial Indonesia sebagian besar adalah laut dibandingkan daratan.

Pada konteks itulah di dilahirkan kaukus kelautan bertujuan untuk memajukan pengembangan ekonomi maritim Indonesia yang berkelanjutan. Kaukus sudah diluncurkan pada 16 Juli 2020 lalu berusaha memfasilitasi pencapaian solusi legislatif untuk tata kelola sumber daya alam Indonesia yang baik. Kaukus kelautan ini dilahirkan oleh DPR. (BACA JUGA: Istilah Berganti Wabah Tak Pergi)

Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi menyambut baik kehadiran Kaukus Kelautan ini. "Kehadiran Kaukus Kelautan ini dapat memperkuat fungsi pengawasan, tugas legislatif, dan fungsi penganggaran DPR dengan memfasilitasi sinergi antara komisi, dan pada akhirnya berfungsi untuk memperkuat keamanan maritim Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran internasional dan dialog produktif dengan kaukus mitra di negara lain,"sebutnya saat kunjungan ke Banten, Senin (20/7/2020).

Sementara itu Co-Chairs Kaukus Kelautan Sudin mengatakanuntuk mencapai kebutuhan Indonesia akan pasokan makanan berkualitas yang terjangkau, sektor perikanan, akuakultur, dan pertanian harus terus dikembangkan. (BACA JUGA: Lagi, Klaster COVID-19 Karyawan Sumsel di Siak Riau Bertambah 4 Orang)

"Dan untuk mencapai hal ini, harus ada pedoman peraturan yang konsisten dan koordinasi antara pemerintah, parlemen, sektor swasta, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menarik pembiayaan dan investasi tambahan," sebutnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1469 seconds (0.1#10.140)