Kisah Panembahan Senopati Manfaatkan Kedekatan dengan Sunan Giri untuk Bernafsu Kuasai Jawa Timur

Kamis, 20 April 2023 - 08:34 WIB
loading...
Kisah Panembahan Senopati Manfaatkan Kedekatan dengan Sunan Giri untuk Bernafsu Kuasai Jawa Timur
Panembahan Senopati. Foto/Dok. kebudayaan.jogjakota.go.id
A A A
Jawa Timur telah melepaskan diri dari Jawa Tengah, sebelum Pajang diperebutkan antara Demak dan Mataram. Saat Panembahan Senopati mendirikan Kerajaan Mataram Islam, Jawa Timur juga menolak untuk bergabung.



Penolakan Jawa Timur, tidak menyurutkan tekad Panembahan Senopati dalam memperluas wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Islam. Apalagi ia telah berhasil mengajak banyak wilayah bergabung, dan mengakui kedaulatan Kerajaan Mataram Islam.



H.J. De Graaf dalam bukunya yang berjudul "Puncak Kekuasaan Mataram: Politik Ekspansi Sultan Agung" mengisahkan, Panembahan Senopati berhasil mengajak sebagian besar Jawa Tengah dari selatan sampai utara, mengikuti Kerajaan Mataram Islam.



Jadi, yang termasuk di dalamnya bukan hanya daerah lama Mataram, dan yang terletak di sebelah baratnya, tetapi juga daerah-daerah yang baru tergabung dengan Mataram, seperti Pajang.

Bahkan, dengan Pati kembali dijalin. Orang yang dapat mengajak para pembesar di sebelah utara Pegunungan Kendeng, untuk bekerja sama dengan Mataram, dan bergerak ke arah timur, ialah Adipati Mandaraja yang sudah terkenal karena kebijaksanaannya.

Jawa Timur yang merupakan tujuan serangan itu, telah melepaskan diri dari Jawa Tengah sebelum peristiwa Pajang, menolak perintah dari Pajang atau Mataram. Panembahan Senopati ingin agar rakyat Jawa Timur, kembali patuh seperti kepatuhannya kepada Pajang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)