Sistem Buka Tutup Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Kembali Dibuka

Rabu, 19 April 2023 - 09:45 WIB
loading...
Sistem Buka Tutup Kendaraan Menuju Pelabuhan Merak Kembali Dibuka
Rekayasa lalu lintas contra flow yang diberlakukan sejak pintu keluar gerbang tol (GT) Merak hingga ke Pelabuhan Merak mampu mengurai antrean kendaraan. Foto/MPI/Heri Purnomo
A A A
CILEGON - Arus lalu lintas kendaraan roda empat pemudik yang menuju Pelabuhan Merak terpantau lengang pada Rabu (19/4/2023) pagi hari. Berdasarkan Pantauan MNC Portal, pukul 07.24 WIB hingga pukul 07.51 WIB dari arah Pelabuhan Merak menuju pintu kemuar Gerbang Tol Merak terpantau lengang.

Hanya sejumlah titik terjadi hambatan kendaraan karena adanya persimpangan saat sebelum menuju area pelabuhan.


Kondisi arus lalu lintas lancar tersebut lantaran jumlah pemudik sudah mulai berkurang yang melintas. Kemudian adanya rekayasa lalu lintas yakni contra flow yang diberlakukan sejak pintu keluar gerbang tol (GT) Merak hingga ke wilayah Pelabuhan Merak.

Di mana terdapat 3 ruas lajur diberlakukan bagi kendaraan dari arah Gerbang Tol Merak menuju ke arah Pelabuhan. Sedangkan dari arah Pelabuhan menuju Gerbang Tol Merak satu jalur.

Kondisi ini berbeda ketika Rabu (19/4/2023) pukul 03.00 WIB, di mana kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalur. Hal itu lantaran banyaknya pemudik yang sudah memenuhi Pelabuhan Merak. Sehingga menimbulkan kecamatan sepanjang 2 km di jalan Raya Merak.

Panitsabara Polsek Pulo Merak Ipda Yudi mengatakan sistem buka tutup tersebut lantaran di kantong di Pelabuhan Merak Merak sudah penuh.


"Jadi sementara situasi kendaraan di pelabuhan penampungan sudah penuh, sementara diantrikan di tampung di sini. Jadi sistimnya dermaga kosong nanti baru dikirim dari sini," katanya saat ditemui di titik lokasi penutupan.

Adapun menurut Ipda Yudi penerapan ini dilakukan sejak pukul 03.00 WIB. Sementara itu sistem ini akan dihilangkan jika kondisi pelabuhan sudah mulai kkosong di kantong parkirnya.

Sementara itu, kondisi di dalam pelabuhan Merak kondusif masih padat, namun tidak mengular hingga menimbulkan kemacetan di ruas jalan raya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)