Tips Mudik Aman agar Selamat Berkumpul dengan Keluarga di Kampung

Senin, 17 April 2023 - 00:39 WIB
loading...
Tips Mudik Aman agar Selamat Berkumpul dengan Keluarga di Kampung
Tak terasa bulan Ramadhan akan berakhir sebentar lagi, tentunya masyarakat Indonesia sudah siap menyambut lebaran 2023. (Ist)
A A A
SEMARANG - Tak terasa bulan Ramadhan akan berakhir sebentar lagi, tentunya masyarakat Indonesia sudah siap menyambut lebaran 2023.

Lebaran Tahun 2023 ini, Pemerintah resmi menetapkan jadwal libur Lebaran dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19, 20, 21, 24, dan 25 April 2023.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Momen lebaran sering dimanfaatkan masyarakat untuk melaksanakan mudik. Khususnya bagi masyarakat yang memiliki status sebagai perantau, momen ini akan digunakan sebagai ajang silaturahmi antar saudara dan juga menyambut Hari Raya Idulfitri.

Tentunya sebelum mudik lebaran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar mudik Anda aman dan nyaman.

Untuk itu perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum mudik.

1. Estimasi Biaya Selama Mudik

Tentunya momen mudik membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari pengeluaran biaya untuk tiket transportasi, sampai pememberi THR kepada keluarga. Disinilah Anda harus memberikan estimasi biaya selama mudik yang mengacu pada biaya tahun lalu, agar pengeluaran saat lebaran tidak membengkak.

2. Pemilihan Rute Perjalanan Mudik

Untuk Anda yang ingin melakukan mudik lebaran 2023 menggunakan kendaraan pribadi, lakukanlah pemilihan rute perjalan yang paling aman dilalui seminggu sebelum mudik. Jangan lupa juga untuk mencari informasi terkait arus mudik yang berkemungkinan terjadi buka tutup jalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)