Cerita Soekarno Mengabsen Nama Gadis-gadis Cantik saat Comblangi Hatta

Senin, 17 April 2023 - 18:31 WIB
loading...
Cerita Soekarno Mengabsen Nama Gadis-gadis Cantik saat Comblangi Hatta
Bung Karno dan Bung Hatta.Foto/ist
A A A
BLITAR - Bung Hatta atau Mohammad Hatta berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Janji itu diucapkan saat masih berada di Belanda. Sebagai muslim yang taat, Hatta memegang janji itu erat-erat.

Di sisi lain, urusan berinteraksi dengan lawan jenis, Hatta memang bukan Soekarno atau Bung Karno. Soekarno lebih agresif. Setidaknya sebelum Indonesia merdeka, Soekarno sudah kawin sebanyak tiga kali.

Siti Oetari, putri H.O.S Tjokroaminoto, yakni bapak kosnya di Peneleh Surabaya, dijadikan istri, meski dalam memoarnya Soekarno menyatakan hubungan yang terjalin tak lebih dari kakak adik.

Kemudian mengawini Inggit Garnasih, perempuan sunda, ibu kostnya di Bandung, sewaktu Soekarno masih kuliah di ITB dan menikah dengan Fatmawati, putri seorang tokoh Muhammadiyah.

Baca juga: H-7 Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat

Soekarno tahu betul dengan ikrar yang pernah diucapkan Hatta. Karenanya tidak lama Indonesia merdeka 17 Agustus 1945, Soekarno berinisiatif mencarikan istri buat Bung Hatta.

Bung Karno memulai penyelidikan ke lingkaran terdekat yang dikenalnya. Ia mendatangi rumah Abdul Rachim, kawannya yang bertempat tinggal di jalan Coopsweg 11 (sekarang Pajajaran) Bandung Jawa Barat.

Ia ingin memastikan gadis yang cocok dibawa Hatta menuju pelaminan. “Gadis mana yang tercantik di Bandung ini?,” tanya Bung Karno kepada Anni Rachim, istri Abdul Rachim seperti dikutip dari buku Bung Hatta Pribadinya dalam Kenangan (1980).

Kemudian disebutkanlah sejumlah nama gadis yang menurut Anni sebagai yang tercantik di Bandung. Olek, putri Dewi Sartika, Meta Sam Joedo, putri seorang dokter yang kesohor di Bandung dan Mieke yang masih kerabat dengan dokter Sam Joedo.

“Kenapa? Ada apa mas tanya-tanya tentang gadis-gadis cantik?”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2708 seconds (0.1#10.140)