Ribuan Warga Jayapura Tertib Antre Zakat dan Sedekah

Minggu, 16 April 2023 - 22:38 WIB
loading...
Ribuan Warga Jayapura Tertib Antre Zakat dan Sedekah
Seorang dermawan di Kota Jayapura bernama H Ambo Rukka saat membagikan zakat dan sedekah kepada warga di Masjid Al Itiihad Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura. Foto: MPI/Sandi Gaming
A A A
JAYAPURA - Sekitar seribuan warga Kota Jayapura mengantre terima zakat dan sedekah di Masjid Al Itiihad Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura.

Tak hanya para orang tua, anak-anak dan remaja turut serta menerima zakat dalam bentuk uang pecahan berkisar 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah ini.

Pantauan di lokasi, pemberi zakat adalah H. Ambo Rukka yang dilakukannya langsung didampingi anaknya. Pembagian zakat dimulai selepas sholat Dhuhur.



Warga yang telah menunggu nampak tertib hingga pembagian zakat selesai selepas sholat Ashar.

Ambo Rukka mengaku, pembagian zakat langsung tersebut sudah dilakukannya sejak lama, dan dilakukan di beberapa lokasi baik di Kota Jayapura maupun di Makassar Sulawesi Selatan.



"Dari awal pemberian zakat tahun 1985 saya sudah lakukan, kali ini yang terbanyak, sekitar tiga ribuan. Dan ini siapa saja bisa menerima zakat ini, bukan hanya warga Entrop," bebernya.

Dia menegaskan pembagian zakat tersebut tidak ada niatan sedikit pun untuk tujuan tertentu, namun murni kewajiban mengeluarkan 2.5 persen dari harta yang dimiliki.



"Tidak ada niatan apa pun, ini harta dari Allah, jadi kewajiban saya mengeluarkan 2.5 persen, itu juga sebagai pembersih harta-harta yang kami miliki. Jadi ini sebagai pembersih, seperti Rinso, untuk mencuci pakaian kita yang kotor," ucapnya.

Dia pun berharap untuk umat muslim yang sudah layak dikeluarkan zakatnya untuk mengeluarkan zakat.

"Itu hanya seujung kuku saja kok, jadi umat muslim wajib bayar zakatnya. Keluarkan zakat 2.5 persen itu sebagai kewajiban dan sekaligus untuk membersihkan harta,"pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)