Ricuh! Ribuan Orang di Makassar Berdesakan Demi Zakat Rp50 Ribu

Sabtu, 08 April 2023 - 23:02 WIB
loading...
Ricuh! Ribuan Orang di Makassar Berdesakan Demi Zakat Rp50 Ribu
Kericuhan mewarnai pembagian zakat dan sedekah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Foto/iNews TV/Leo Muhammad Nur
A A A
MAKASSAR - Pembagian zakat di rumah seorang pengusaha, Ambo Rukka di Jalan Mairo, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kericuhan. Ribuan orang saling berdesakan, untuk berebut mendapatkan zakat.



Pengusaha asal Kota Makassar, yang sukses mengembangkan bisnis di Papua tersebut, membagikan zakat dan sedekah di bulan Ramadan. Pada awalnya, pembagian zakat dan sedekah berjalan tertib.



Kericuhan tiba-tiba saja terjadi saat ribuan warga yang mengantre untuk mendapatkan zakat, tiba-tiba saling dorong. Diduga, warga saling dorong karena takut tidak kebagian zakat yang setiap tahun dibagikan Ambo Rukka.



Pembagian zakat tersebut sempat dihentikan, karena kericuhan semakin meluas. Setelah situasi kembali kondusif, akhirnya pembagian zakat kembali dilanjutkan. Setiap orang mendapatkan zakat dan sedekah sebesar Rp50 ribu.

Ricuh! Ribuan Orang di Makassar Berdesakan Demi Zakat Rp50 Ribu


Ambo Rukka mengatakan, pembagian zakat dan sedekah ini selalu dilakukannya saat Ramadan, untuk berbagi keberkahan. "Ini sebagai bentuk rasa syukur kami, atas berkah yang kami terima selama ini," ujarnya.



Proses pembagian zakat tersebut, mendapat pengaman khusus dari aparat polisi dan TNI. Kapolsek Makassar, Kompol Andi Aris Abubakar mengatakan,diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu. "Ada sekitar 2.000 penerima zakat dan sedekah. Kami lakukan penjagaan, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Ricuh! Ribuan Orang di Makassar Berdesakan Demi Zakat Rp50 Ribu


Ribuan warga yang menerima zakat dan sedekah terdiri dari para ibu-ibu, dan anak-anak. Selain itu, zakat dan sedekah juga dibagikan kepada para tukang becak. Mereka rela mengantri untuk mendapatkan zakat dan sedekah sebesar Rp50 ribu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)