Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Komentar 2 Tokoh Persib

Jum'at, 14 April 2023 - 13:02 WIB
loading...
Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Komentar 2 Tokoh Persib
Tantan Dzalikha dan Abdul Rikrik berkomentar tentang gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 saat acara talkshow Bobotoh Bicara Sepakbola Indonesia di Ballroom Hotel Ibis Bandung, Kamis (13/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Dua tokoh penting dari Persib Bandung yaitu Tantan Dzalikha selaku mantan pemain dan Dirijen Persib Abdul Rikrik berkomentar tentang gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 .

Hal tersebut diungkapkannya saat acara talkshow Bobotoh Bicara Sepakbola Indonesia di Ballroom Hotel Ibis Bandung, Kamis (13/4/2023). “Menurut saya, apa pun yang terjadi hari ini harus tetap disyukuri,” kata Tantan Dzalikha.

Kang Tantan menilai dengan gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 bukan menjadi halangan sepakbola Indonesia untuk terus maju. Sebab, menurutnya, Indonesia memiliki aturan yang jelas dan harus ditaati soal kedatangan tim sepakbola negara lain.

“Karena menurut pandangan saya, kalau lihat dari peraturan kembali lagi ke FIFA. Apakah mau mengikuti aturan yang ada di Indonesia, jika tim itu (Israel) main di sini. Bahkan kalau secara logika, tidak mungkin hanya karena statement satu orang begitu menggagalkan piala dunia,” ungkapnya.

Dirijen Persib Abdul Rikrik tidak menyalahkan pihak mana pun atas gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. “Karena pada dasar dan intinya, FIFA serta PSSI bisa intropeksi diri. Dari pemerintahan pun harus saling menjaga nama besar Indonesia,” kata Rikrik.

Rikrik mengaku setuju dengan pernyataan yang dikeluarkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan alasan kemanusian. Bahkan, Rikrik mengapresiasi keberanian Ganjar untuk klarifikasi tentang hal tersebut beberapa waktu lalu.

“Dari saya pribadi setuju sengan pernyataan Pak Ganjar, karena kemanusiaan. Mungkin sebagian orang tidak suka karena ingin menjatuhkan beliau. Tetapi, melihat Pak Ganjar klarifikasi jiwa petarungnya luar biasa,” tandasnya.

Terakhir, Rikrik pun berharap agar sepakbola Indonesia dapat semakin maju. “Semoga sepakbola Indonesia makin maju dan tidak ada mafia di dalam tubuh sepakbola, khususnya PSSI,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengeluarkan pernyataan menolak Israel untuk datang ke Indonesia untuk bertanding dalam piala dunia U-20. Sebagai kepala daerah, sikapnya menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 yang semula akan digelar di Indonesia itu adalah kewajiban hukum.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)