Gelar Rekonstruksi Kasus Mutilasi di 5 Lokasi, Heru Prasetyo Bakal Lakukan 64 Adegan

Rabu, 12 April 2023 - 11:50 WIB
loading...
Gelar Rekonstruksi Kasus Mutilasi di 5 Lokasi, Heru Prasetyo Bakal Lakukan 64 Adegan
Tersangka mutilasi, Heru Prasetyo saat memperagakan adegan diantar tukang ojek di depan RS Bethesda. Foto MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Ditreskrimum Polda DIY menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan disertai mutilasi yang dilakukan oleh Heru Prasetyo (23) warga Temanggung Jawa Tengah terhadap Ayu Indraswari (34) perempuan asal Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Rabu (12/4/2023).



Rekonstruksi sendiri dilakukan di 4 titik yang berbeda. Di antaranya adalah di parkiran motor RS Bethesda Kota Yogyakarta, Warmindo depan penginapan Anggun 2, Mess HD Tent, Toko Bangunan dan terakhir di Penginapan Anggun 2 Kapanewon Pakem Sleman.
Rekonstruksi sendiri dimulai di RS Bethesda di mana rencananya dimulai pukul 09.30 WIB. Sekira pukul 09.00 WIB polisi mulai tiba di lokasi parkiran sepeda motor RS Bethesda yang berada di sayap barat rumah sakit tersebut.

Nampak belasan polisi berpakaian lengkap dengan membawa senjata-senjata api laras panjang melakukan pengamanan. Rekonstruksi ini juga dihadiri oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan juga pengacara terdakwa

Dua adegan saat tersangka dengan korban yang berada di pojok selatan parkir terwebut. Kemudian adegan lain adalah ketika tersangka diantar tukang ojek ke RS Bethesda untuk mengambil motor korban usai melakukan mutilasi.

Tersangka diturunkan di pertigaan jalan Sam Ratulangi depan RS Behtesda. Kemudian berjalan menuju ke tempat parkiran sepeda motor di dalam area RS Bethesda untuk mengambil sepeda motor korban yang dititipkan di parkiran.

Wadireskrimum Polda DIY, AKBP Trie Panuko mengatakan hari ini Rabu (12/4/ 2023) pihaknya melaksanakan kegiatan rekonstruksi terkait pembunuhan mutilasi yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

"Dari kejadian tersebut pada hari ini pihaknya akan melaksanakan rekonstruksi di 5 lokasi. Lima lokasi itu salah di antaranya pada kesempatan ini ada di parkiran Rumah Sakit Bethesda," kata dia.

Trie Panuko menyebut dari lima lokasi nanti pihaknya akan memberi arahan 64 adegan. Untuk di lokasi parkiran Rumah Sakit Bethesda saja sendiri ada dua adegan. pertama pelaku menjemput korban ada di parkiran kemudian juga pelaku tadi diantar oleh ojek untuk menuju dari lokasi awal ke Rumah Sakit Bethesda ini

Dia menambahkan tujuan rekonstruksi ini tentunya adalah melengkapi terkait bagaimana pembuktian atau investigasi. Yang nantinya juga akan digunakan sebagai pelengkap di dalam kita melaksanakan pemberkasan. "Ya kemudian nanti kita akan limpahkan ke penuntutan," terang dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)