1,4 Juta Pemudik Bakal Tinggalkan Bali Lewat Jalur Darat

Rabu, 12 April 2023 - 03:39 WIB
loading...
1,4 Juta Pemudik Bakal Tinggalkan Bali Lewat Jalur Darat
Sebanyak 1,4 juta orang diperkirakan akan meninggalkan pulau Bali pada arus mudik Lebaran tahun ini. Mereka akan pulang melalui pelabuhan Gilimanuk ke sejumlah kota di pulau Jawa. (ist)
A A A
DENPASAR - Sebanyak 1,4 juta orang diperkirakan akan meninggalkan pulau Bali pada arus mudik Lebaran tahun ini. Mereka akan pulang melalui pelabuhan Gilimanuk ke sejumlah kota di pulau Jawa.

Manajer Usaha Gilimanuk PT ASDP Indonesia Ferry Djumadi memprediksi terjadi lonjakan pada arus mudik 2023. "Tahun lalu pemudik yang menyeberang 1,2 juta orang," katanya, Selasa (11/4/2023).

Dia.menjelaskan, arus mudik akan terlihat mulai H-7/hingga puncaknya pada H-1. Kepadatan di pelabuhan akan ditambah dengan masuknya wisatawan ke Bali selama libur Lebaran.

Guna mengurangi terjadinya penumpukan di area pelabuhan, sebanyak 49 kapal ferry akan dioperasikan untuk mengangkut pemudik dan wisatawan yang akan masuk ke Bali.

Baca: Kedapatan Edarkan Sabu dan Ganja, Pria di Lahat Diborgol Polisi.

Jumlah kendaraan yang akan menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang dan sebaliknya juga diperkirakan meningkat. Hal itu seiring tidak adanya lagi persyaratan menyeberang pascapandemi COVID-19.

"Prediksi sebanyak 3,4 juta unit kendaraan dengan rata-rata yang menyeberang harian sebanyak 3.500.unit kendaraan didominasi mobil pribadi," pungkas Djumadi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)