2 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB Papua, Pencarian Diperluas Keempat Kabupaten

Jum'at, 07 April 2023 - 10:34 WIB
loading...
2 Bulan Pilot Susi Air Disandera KKB Papua, Pencarian Diperluas Keempat Kabupaten
Penyanderaan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sudah berlangsung dua bulan sejak 7 Februari 2023 lalu. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Penyanderaan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens (37) oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sudah berlangsung selama dua bulan sejak 7 Februari 2023. Penyanderaan dilakukan KKB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Proses pembebasan dilakukaan oleh aparat gabungan TNI-Polri, mulai dari penempatan pasukan hingga membentuk tim negosiasi yang dikoordinasi Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge. Proses pencarian pun kini sudah mencakup beberapa kabupaten yang berbatasan dengan Nduga.


Pada bulan pertama penyanderaan, Egianus Kogoya yang merupakan pemimpin tertinggi KKB di Nduga sempat terdeteksi berada di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya.

Namun ketika personel TNI-Polri tiba di wilayah tersebut, keberadaan Egianus dan kelompoknya sudah tidak terlihat di Kuyawage dan diyakini telah kembali ke Nduga.


Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menjelaskan, salah satu alasan mengapa hingga kini aparat keamanan belum berhasil menemukan Kapten Philip adalah karena mereka sangat berhati-hati.

Hal ini dilakukan karena, sosok Egianus Kogoya memiliki rekam jejak yang cukup kelam dalam hal pembunuhan.


Dengan adanya ancaman yang dikeluarkan pimpinan KKB tersebut, aparat keamanan ingin memastikan keselamatan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut.

"Egianus ini biasanya tidak cuma menggertak, dia lakukan apa yang dia katakan, makanya kita tidak boleh gegabah," ujarnya di Jayapura dikutip Jumat (7/4/2023).

Wilayah pencarian semakin luas, dan hingga kini sudah mencakup empat kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan.

"Saat ini wilayah pencarian perluas, selain di Nduga sudah sampai ke Lanny Jaya, Yahukimo dan Puncak," kata Faizal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)