Jelang Mudik Lebaran, Polda Jabar Siapkan Jalur Alternatif Pengurai Kepadatan

Sabtu, 01 April 2023 - 15:44 WIB
loading...
Jelang Mudik Lebaran, Polda Jabar Siapkan Jalur Alternatif Pengurai Kepadatan
Polda Jabar melakukan pengecekan dan menyiapkan jalur alternatif dalam menghadapi mudik Lebaran 2023. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Polda Jabar mulai aktif melakukan pengecekan jalur mudik Lebaran 2023, baik tol maupun arteri. Selain itu terus berkoordinasi untuk melakukan pembenahan dan perbaikan jalur mudik kali ini.

"Kami mempersiapkan jalur alternatif untuk menghadapi kepadatan arus, pembenahan pedagang kaki lima pinggir jalur rawan macet, penyiapan ploting personel untuk menjaga jalur selatan, Jonggol," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Sabtu (1/4/2023).


Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut, pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder dalam melakukan pengecekan jalur mudik.

"Pengecekan dan persiapan jalur dengan koordinasi stakeholder seperti Pemda, Dishub, jasa marga, perusahaan pengelola tol, kesiapan jalur sudah baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, saat ini ada 71 pekerjaan perbaikan jalan provinsi yang ditargetkan 50 persennya, rampung sebelum Lebaran tahun ini.

"Nah, jalan-jalan provinsi ini ada 71 pekerjaan dan Alhamdulillah, Insya Allah setengahnya beres sebelum Lebaran," ucap Ridwan Kamil.


"Sebelum Lebaran itu dibatasi H-10 harus sudah selesai karena sudah mulai mudik. Nanti 50 persennya insya Allah setelah Lebaran dituntaskan," tambahnya.

Selain itu, pada pertengahan April nanti rencananya bakal diresmikan operasional tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) secara keseluruhan.

"Laporan dari Kementerian PUPR begitu, Alhamdulillah, sehingga kita harapkan sebelum Lebaran sudah bisa memperlancar urusan mudik," katanya.

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh, maka daya tempuh warga Bandung ke arah Timur seperti Cirebon bisa makin cepat, begitupun arah sebaliknya.

"Dari Bandung ke Cirebon mungkin tidak tiga jam lagi, memotong ke Cisumdawu, Kertajati langsung Cirebon," ujarnya.

Dia berharap, pengumuman dari pemerintah pusat tersebut sesuai dengan jadwal yang diharapkan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2090 seconds (0.1#10.140)